Menambah Saldo Dalam Rekening Hubungan

RHEMA HARI INI
Kolose 3:21   Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

Kedua anak itu sudah berpakaian rapi dan siap berangkat, bahkan mereka sudah siap lebih dari satu jam yang lalu. Mereka sangat gembira dan sepanjang waktu yang mereka bicarakan hanyalah, bahwa Ayah mereka telah berjanji untuk mengajak mereka nonton sirkus sore itu. Sesuai rencana, Ayah pulang dari kantor lebih dini dari biasanya, setelah selesai makan siang dan mengganti pakaian santai, lalu, persis ketika mereka bertiga baru keluar rumah, telepon berdering, sementara Ayah mereka berbicara di telepon, kedua anak itu mendengarkan, sedikit demi sedikit kegembiraan mereka memudar, itu jelas-jelas urusan pekerjaan yang penting dan mendesak yang mengharuskan Ayah mereka kembali ke kantor. Kekecewaan menyelimuti rumah seolah awan yang gelap. Ibu mereka juga mendengar apa yang dianggapnya mau tidak mau akan mengubah semua rencana indah yang sudah lama diimpikan anak-anak. Tapi diluar dugaan semuanya, mereka mendengar sang Ayah menjawab, “Tidak, saya tidak akan kembali ke kantor, urusan itu bisa menunggu sampai besok pagi,” lalu Ayah mengakhiri pembicaraan telepon itu. Setelah menutup teleponnya, sang Ayah memanggil anak-anaknya untuk segera bersiap dan masuk ke mobil sambil mencium istrinya untuk pamit pergi. Istrinya tersenyum sambil dengan hati-hati bertanya, takut kalau suaminya sudah mengambil keputusan yang salah, Ia berkata, “Sirkusnya khan pasti akan datang lagi lain kali,” sang Ayah menjawab, “Iya sih, tetapi masa kecil mereka tak akan datang lagi, dan akan sulit mengembalikan kegembiraan anak-anak.”
Hubungan kita dengan anggota keluarga kita adalah seperti sebuah rekening tabungan. Saat kita melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan bagi keluarga kita, itu sama seperti kita menarik uang dari rekening tabungan kita atau mengurangi saldo tabungan kita. Namun, saat kita melakukan sesuatu yang menyenangkan keluarga kita, maka itu sama dengan kita menyetorkan uang atau menambah saldo pada rekening tabungan kita. Sang ayah dalam kisah ini telah menambahkan saldo dalam rekening tabungan hubungannya dengan keluarganya. Menepati janji dengan anak-anaknya dan mengerti prioritas yang benar, membuat sang ayah meninggalkan kesan yang sangat indah di hati istri dan anak-anaknya sehingga sang ayah dapat memenangkan hati keluarganya. (CG)
RENUNGAN
Melakukan sesuatu yang menyenangkan anggota keluarga kita berarti menambahkan saldo pada rekening hubungan kita dengan keluarga kita.

APLIKASI
1. Pikirkanlah apa yang bisa Anda lakukan untuk menambah saldo dalam rekening hubungan Anda dengan keluarga Anda.

2. Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk menjadi anggota keluarga yang baik sehingga bisa memenangkan hati keluarga Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Roh Kudus tolong kami untuk senantiasa bisa menjadi pribadi yang berkenan di hatimu dan menjadi berkat bagi keluarga kami. Kami percaya hanya dengan pertolongan-MU saja kami akan dimampukan untuk melakukan Firman-Mu ini. Terimakasih Tuhan. Amin.