Menang Dengan Iman

BACAAN HARI INI

2 Korintus 5:1-10

RHEMA HARI INI

2 Korintus 5:7 –sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat–

Saat itu GBI Keluarga Allah sudah berdiri selama dua belas tahun. Dana yang dikelola mencapai empat miliar rupiah. Di saat itulah kemudian Bapak Pendeta Obaja mendapat rhema dari Tuhan untuk membangun gedung gereja yang besar. Tak disangka, saat pembangunan mulai berjalan, ternyata dana yang dibutuhkan mencapai empat puluh miliar. Itu berarti sepuluh kali lipat dari dana yang tersedia. Namun, Pak Obaja mengimani bahwa Tuhan pasti akan mencukupkan semua biaya yang dibutuhkan, sebab gereja ini nanti akan menampung sangat banyak jiwa bagi Tuhan. Dalam prosesnya selanjutnya, ternyata anggaran pembangunan malah membengkak menjadi tujuh puluh miliar. Namun karena pertolongan Tuhan yang ajaib, maka pembangunan bisa selesai dengan baik dan semua dana bisa ditutup oleh anugerah Tuhan.

Seperti yang Rasul Paulus katakan, demikianlah cara iman bekerja: percaya, bukan karena melihat. Saat menghidupi imannya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan yang sudah menyelamatkan umat manusia, ia terus menghadapi berbagai tantangan yang luar biasa berat. Namun Paulus tetap pada keyakinannya. Apa pun yang terjadi di sekelilingnya, apa pun kondisi yang dialaminya, Paulus terus fokus percaya pada janji Tuhan. Itu sebabnya, ia berhasil memenangkan banyak jiwa bagi Tuhan.

Pilar yang ketujuh dalam Perjanjian Berkat Tuhan adalah menang dengan iman. Imanlah yang akan menentukan seberapa besar kemenangan yang kita dapatkan. Di tahun ini, untuk bisa mengalami Yesaya 60, kita butuh iman. Sadarkah kita bahwa setiap tindakan Tuhan itu adalah respon dari firman Allah yang ada di pikiran kita yang dimanifestasikan dengan iman? Ketika kita melakukan bagian kita, maka Tuhan juga berkomitmen untuk melakukan bagian-Nya, dan berkat-berkatNya pun akan dicurahkan secara luar biasa. Inilah kepercayaan kita yang berdasarkan kebenaran firman Tuhan. Saat kita bangkit dalam iman, terang Tuhan terbit atas kita dan kemuliaan-Nya dinyatakan; mujizat Allah terjadi dan berkat-Nya dicurahkan berkelimpahan dalam hidup kita.

RENUNGAN

Yang menentukan SEBERAPA BESAR KEMENANGAN yang kita raih adalah IMAN.

APLIKASI

1. Permasalahan atau tantangan apakah yang kini sedang Anda alami? Sudahkah Anda menghadapinya dengan iman?
2. Mengapa Anda perlu bangkit dalam iman untuk menang atas pergumulan Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mengimani permasalahan dan tantangan Anda saat ini? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas kemenangan yang sudah Engkau sediakan bagi kami. Kami mau bangkit dalam iman dan apa pun yang terjadi dan sebesar apa pun badai di hidup kami, kami mau hidup karena percaya, bukan karena melihat. Biarlah mata rohani kamilah yang Engkau bukakan, sehingga kami boleh melihat kemuliaan-Mu dinyatakan melalui hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”