Mencapai Tujuan Akhir

BACAAN HARI INI

2 Timotius 4:1-8

RHEMA HARI INI

2 Timotius 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Thomas Carlyle, seorang penulis satir dari Skotlandia, pernah menulis: “Manusia tanpa suatu tujuan adalah ibarat sebuah kapal tanpa kemudi – anak terlantar, hal sia-sia, bukan siapa-siapa.” Kita diciptakan untuk memiliki makna. Itulah sebabnya manusia mencoba metode-metode yang meragukan, seperti astrologi atau fisika, untuk menemukan makna tersebut. Apabila kehidupan memiliki makna, Anda bisa menanggung hampir segala hal; namun tanpa makna, tidak ada sesuatupun yang bisa ditanggung.

Seorang anak muda yang berusia dua puluhan menulis, “Saya merasa gagal karena saya berjuang untuk menjadi sesuatu, dan saya bahkan tidak mengetahui apa sesuatu itu. Satu-satunya cara bertindak yang saya ketahui adalah bertahan. Suatu hari, jika saya menemukan tujuan saya, saya akan merasa mulai hidup.”

Tanpa Allah, kehidupan tidak memiliki tujuan, dan tanpa tujuan, kehidupan tidak memiliki makna. Tanpa makna, kehidupan tidak memiliki arti atau harapan. Tragedi terbesar bukanlah kematian, melainkan kehidupan tanpa tujuan.

Hanya orang yang sudah menemukan tujuan hidupnyalah yang bisa mencapai garis akhir dengan sukses. Mendekati akhir hidupnya, Rasul Paulus, rasul terbesar sepanjang sejarah gereja Tuhan, berkata: “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.” Inilah perkataan seseorang yang sudah mengerti betul apa tujuan hidupnya di dunia ini.

Suatu hari kita akan berdiri dihadapan Allah, dan Dia akan memeriksa kehidupan kita, apakah kita sudah menjalani hidup kita sesuai dengan tujuan Dia menciptakan kita. Bagi mereka yang sudah mengerti tujuan hidupnya dan mengerahkan segenap potensi serta kemampuannya untuk mencapai finish dengan sukses di tujuan hidupnya itu, Tuhan sudah menyediakan upah, pahala, serta mahkota mulia di sorga.

RENUNGAN

Hanya yang memahami tujuan hidupnya yang bisa mencapai GARIS AKHIR dengan sukses.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda memahami tujuan hidup Anda yang sudah dinyatakan Tuhan di dalam Alkitab?
  2. Setelah Anda memahami tujuan hidup Anda, apa yang Anda lakukan untuk mencapai garis akhir dengan sukses?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, sebuah kehormatan dan anugerah yang sangat besar bagi kami, kalau kami boleh hidup untuk memuliakan nama-MU. Siapakah kami ini, manusia yang penuh kelemahan, tetapi Engkau berkenan mengangkat dan memilih kami menjadi alat untuk menyatakan kemuliaan-MU bagi dunia ini. Terimakasih Tuhan. Ajar kami untuk terus berjuang dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan kami, sehingga kami bisa mencapai garis akhir dengan sukses dan hati-MU disukakan oleh hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yohanes 11