Mencukupkan Diri

BACAAN HARI INI

Ibrani 13:1-25

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Guo Wei Min adalah seorang gadis cantik berusia 26 tahun yang bekerja di sebuah perusahan jasa pengiriman barang di kota Hong Kong. Sehari-hari ia adalah seorang karyawati yang baik dan rajin bekerja. Hanya ada satu kelemahan gadis ini, ia ingin tampak seperti orang kaya yang dapat hidup menghambur-hamburkan uang dan tidak dapat menahan keinginannya untuk membeli barang-barang mewah yang sebetulnya tidak ia perlukan. Semua barang yang mahal itu dibeli Wei Min dengan memakai kartu kredit yang dimilikinya dari beberapa Bank di Hong Kong yang berjumlah 13 buah. Demikian banyak utang yang menumpuk dari pembelian barang-barang dengan memakai kartu kredit tersebut sehingga Wei Min betul-betul bingung sebab ia tidak tahu bagaimana cara melunasi semua tagihan itu. Akhirnya, Wei Min memilih jalan pintas. Pada dini hari, saat para petugas polisi sibuk memasang peralatan radar foto di jembatan layang di jalan Shing Jing Shue Wan, tiba-tiba mereka yang sedang bekerja dikejutkan oleh suara benda jatuh diiringi dengan teriakan yang melengking. Segera mereka melihat benda apakah yang jatuh itu. Ternyata tubuh seorang wanita muda yang cantik, yang sudah menjadi mayat dengan mata terbelalak. Kepalanya pecah dan tulang-tulangnya patah karena jatuh dari ketinggian yang sama dengan gedung lantai lima belas! Dari saku celana jeans yang dikenakan gadis itu, polisi mengetahui bahwa yang mati bunuh diri itu adalah Guo Wei Min. Di saku celana gadis itu ditemukan tiga pucuk surat. Dalam suratnya yang pertama dituliskan jumlah semua utang yang tidak bisa ia bayar, semuanya berjumlah 7 juta yuan (sekitar 16, 1 miliar rupiah). Pada surat kedua Wei Min menulis bahwa tindakan bunuh diri ini sudah ia pikirkan baik-baik. Lalu pada surat yang ketiga ia menulis kepada teman-temannya meminta maaf karena ia tidak dapat membayar utang-utangnya kepada mereka.

Mengikuti gaya hidup yang melebihi kemampuan kita selalu akan membawa kita masuk dalam jeratan hutang serta kesulitan yang sangat panjang. Itu sebabnya kitab Ibrani menasehatkan kita untuk mencukupkan diri dengan apa yang ada pada kita. Jangan tergoda dengan gaya hidup yang bukan merupakan porsi kita. Jangan digusarkan dengan segala sesuatu yang belum kita miliki. Sebaliknya, mengucap syukurlah dengan apa yang saat ini sudah Tuhan berikan dalam hidup kita. Maka damai sejahtera Allah akan senantiasa memenuhi hidup kita.

RENUNGAN
Stop memiliki gaya hidup yang MELEBIHI KEMAMPUAN kita !

APLIKASI
1. Langkah apa yang akan Anda buat untuk belajar mencukupkan diri dengan apa yang saat ini Anda miliki ?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, kami mohon tuntunan dan pertolongan-MU untuk senantiasa mencukupkan diri dengan segala sesuatu yang ada pada kami. Kami percaya berkat serta pemeliharaan-MU terus menyertai hidup kami. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 3-4