Mencuri Kemuliaan Tuhan

BACAAN HARI INI
Yesaya 42:1-9

RHEMA HARI INI
Yesaya 42:8 Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.
Memasuki usia 30 tahun, Martin mengenal Tuhan. Cinta mula-mula, rasa haus dan lapar, membuat Martin mengalami percepatan rohani yang sangat luar biasa. Bahkan Martin memperoleh karunia dalam mendoakan, hampir semua doanya dijawab Tuhan. Ia pun menjadi sorotan banyak jemaat lainnya.
Sayangnya setelah beberapa tahun, Martin mulai berubah. Ia mulai merasa sombong dan merasa dirinya hebat. Pelayanannya tidak lagi tulus, tapi ada ego dan kepentingan pribadi didalamnya.

Martin memungut biaya kepada orang yang meminta didoakan, ia juga mencari keuntungan ketika ia melakukan konseling kepada seseorang, termasuk kepada wanita. Martin juga sering memberikan informasi palsu untuk pemungutan dana. Sampai suatu hari Martin terpaksa harus berurusan dengan polisi, karena kasus penipuan.

Menjadi seseorang yang diurapi dan menjadi wadah kemuliaan Tuhan, seringkali menempatkan kita pada posisi target utama incaran iblis yang berusaha menjatuhkan kita. Ego untuk memuliakan dan menonjolkan diri kita sendiri dibandingkan Tuhan, merupakan godaan yang berat. Bila tidak hati-hati, dalam ketidaksengajaan kita bisa mencuri kemuliaan-Nya. Ingatlah, Tuhan tidak akan berbagi kemuliaan-Nya dengan siapapun. Dalam hal ini Tuhan kita adalah Tuhan yang pencemburu. Sadari dan tanamkan dalam hati kita, bahwa kita hanyalah wadah, hanya agen pembawa kemuliaan Tuhan. Jika Tuhan sampai meninggalkan kita, kita hanyalah wadah kosong tak berarti. Tanpa Raja Kemuliaan dalam hidup kita, kita semua nothing, tidak ada apa-apanya. Tapi bersama-Nya, we can do all things. Bersama Yesus, tidak ada yang mustahil.

RENUNGAN
Jangan pernah berpikir untuk MENCURI KEMULIAAN TUHAN, sebab kita hanyalah AGEN PEMBAWA KEMULIAAN.
APLIKASI
1. Apakah Anda pernah mencuri kemuliaan Tuhan baik sengaja ataupun tidak? Dalam situasi apakah itu?
2. Bagaimana cara Anda selalu mengingatkan diri sendiri bahwa Anda hanyalah agen pembawa kemuliaan Tuhan?
3. Jika tanpa sengaja Anda terlanjur mencuri kemuliaan Tuhan, apa yang Anda lakukan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih atas kepercayaan-Mu kepada kami. Bimbing kami untuk terus bisa menjadi agen kemuliaan-Mu yang rendah hati. Jauhkanlah kami dari pencobaan yang membuat kami jatuh pada ego kami sendiri. Materaikan dalam hati kami bahwa kemuliaan hanya dari Engkau dan bagi Engkau saja. Didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.