Mendekatlah Dan Rasakan Anugrah Kasih Yang Begitu Nyata

BACAAN HARI INI
Ibrani 4:14-16

RHEMA HARI INI
Ibrani 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Tidak mudah untuk kembali pulang ke rumah bapanya dalam posisi seperti anak yang hilang. Karena kesalahannya, jelas ia pulang dengan perasaan takut, malu dan tidak layak. Bahkan jika bapanya tidak menerimanya kembali, itu sudahlah sepantasnya. Dan anak itu pun tidak berani mengharapkan untuk bisa menerima kedudukannya kembali seperti semula, yaitu sebagai anak. Hanya sebagai budak di rumah bapanya saja itu sudah lebih dari cukup baginya. Tapi apa yang bapanya lakukan ketika ia melihat anaknya pulang? Bapanya sangat bersukacita, memeluk dan mengenakan padanya cincin, jubah serta mengadakan pesta. Sebuah demonstrasi kasih yang jauh melebihi apa yang sanggup dibayangkan oleh si anak bungsu.

Cincin dan jubah melambangkan kedudukan. Pesta menggambarkan kesukaan besar. Ya, ketika anak itu pulang, bapanya tidak ingat lagi akan segala kesalahannya. Ia juga tidak menyoroti keadaan anaknya yang sangat hancur berantakan. Bapanya memulihkan keadaan dan kedudukannya seperti semula. Anak itu tidak kehilangan haknya sebagai anak. Ternyata kesalahan sebesar apapun tidak bisa menghapus namanya dari hati bapanya. Namanya tetap ada di hati bapa. Dan itu semua ia dapatkan ketika dengan penuh keberanian ia melangkah pulang kembali kerumah bapanya.

Kabar baiknya, kasih yang ditunjukkan dalam perumpamaan anak yang hilang itu adalah NYATA. Tuhan ingin mengatakan kepada kita bahwa seperti itulah besar kasih-Nya kepada kita. Sebesar apapun kesalahan, seburuk apapun keaadaan, setidak layak apapun kondisi kita, datanglah mendekat. Tidak hanya jaminan keselamatan, tapi Tuhan punya semua hal yang kita butuhkan, dan Dia akan memberikannya saat kita mendekat pada-Nya. Oleh sebab itu, kalahkan dan buanglah semua keraguan. Singkirkan rasa takut dan tidak layak. Tuhan amat sangat mengasihi kita, hampiri Dia dengan penuh keberanian dan terimalah kasih karunia, kebaikan dan anugerah-Nya yang melimpah tepat pada waktunya. (L.A)

RENUNGAN
Saat kita mengambil satu langkah MENDEKAT, Yesus bukan hanya akan memberikan KESELAMATAN, tetapi juga SEMUA HAL yang kita BUTUHKAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah atau sedang mengalami keadaan seperti tidak ada jalan lagi, tapi Anda ragu apakah Tuhan masih mau menerima Anda kembali?
2. Apa yang bisa Anda terapkan dalam hidup Anda dari perumpamaan anak yang hilang?
3. Setelah Anda kembali pada Tuhan, komitmen apa yang Anda buat?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas anugrah kasih-Mu yang begitu besar dan nyata bagi kami. Berikan kami keberanian untuk terus dan terus mendekat supaya kami makin memahami betapa besarnya kasih-Mu. Kami akan menceritakannya kepada banyak orang di sekitar kami supaya mereka juga mengalami kasih-Mu. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.