MENDENGARKAN DAN MENANGKAP RHEMA FIRMAN TUHAN

RHEMA HARI INI

Mazmur 119:130 Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Meskipun sudah berumah tangga, Feni masih teringat dengan satu pesan yang ditulis gurunya di raport Sekolah Dasarnya. Di sana gurunya menuliskan, “Jangan belajar karena hafalan, tetapi karena pengertian”. Pesan itu begitu mengena buatnya, karena selama ini Feni memang belajar dengan cara menghafalkan. Karena itu jika Feni sampai lupa dengan apa yang telah dipelajarinya, maka ia tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan oleh gurunya.

Semenjak itu, Feni mulai menerapkan pesan gurunya. Bukan hanya semasa ia masih bersekolah, tetapi juga saat ia memasuki dunia pekerjaan. Feni terus berlatih untuk memahami dan mengerti apa yang sedang di pelajari dan di kerjakannya. Feni pun menyadari perbedaan besar dari menghafal dan memahami. Ini seperti ia membaca sebuah novel tebal dan setelahnya ia bisa menceritakan secara runtut dari awal sampai akhir, meskipun ia tidak menghafalkannya. Pesan sederhana dari gurunya di masa kecil, sekarang juga dibagikannya kepada anaknya. Pelajaran bukan untuk dihafalkan, tetapi untuk dimengerti.

Sama halnya dengan ketika kita menerima firman Tuhan. Apakah selama ini sudah bisa menangkap maksud yang ingin Tuhan sampaikan atau hanya sekedar mendengar, menghafal dan kemudian melupakannya? Hari ini Tuhan rindu setiap kita bukan hanya sekedar mendengarkan firman, tetapi sungguh-sungguh menangkap rhema firman Tuhan juga. Karena saat kita bisa menangkapnya, api Roh Kudus akan menyala di dalam kita. Dan ketika api-Nya sudah menyala, kita harus selalu menjaga kobarannya. Pastikan setiap firman rhema yang kita tangkap, kita tanamkan dalam hati sampai berakar dan mendarah daging. Firman rhema itulah yang akan menjadi api yang terus mengobarkan hati kita setiap kali kita mengingat dan merenungkannya. (LEW)

RENUNGAN

Janganlah hanya SEKEDAR MENDENGARKAN, tetapi TANGKAPLAH RHEMA firman Tuhan juga.

APLIKASI

1. Mengapa Anda harus menangkap rhema firman Tuhan dan bukan sekedar mendengarkan saja?
2. Bagaimana cara Anda untuk bisa menangkap rhema firman Tuhan?
3. Apa yang akan Anda lakukan setelah menangkap rhema firman Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, mulai hari ini kami mau bukan hanya sekedar mendengarkan firman, tetapi kami mau menangkap setiap rhema firman yang Engkau sampaikan. Sebab kami percaya firman rhema-Mu adalah petunjuk, kekuatan dan api yang membakar roh kami agar senantiasa menyala-nyala. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!