Menerima Dan Meresponi Pesan Firman Tuhan

BACAAN HARI INI
Roma 10:4-15

RHEMA HARI INI
Roma 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Seorang ibu jemaat Keluarga Allah Jakarta, punya sebuah kerinduan untuk memiliki sebuah mobil. Tapi baginya hal ini adalah sesuatu yang tidak mungkin jadi kenyataan. Ibu ini selalu mendengarkan dan mengikuti kegerakan gereja kita dari rumahnya di Cirebon. Imannya pun mulai dibangkitkan, yang tadinya tidak punya harapan, menjadi yakin dan percaya. Ia mulai perkatakan bahwa Tuhan akan memberinya sebuah mobil. Ibu ini bahkan mulai mengambil kursus setir mobil. Tentu saja teman-temannya mentertawakannya. Tidak punya mobil kok belajar setir mobil, tapi ibu ini tidak peduli. Ia tetap perkatakan bahwa Tuhan yang akan memberinya. Satu kesempatan, ibu ini datang ke rumah anaknya di Jakarta, disana selama 1 minggu penuh ibu ini mengikuti pondok Daud.

Saat ibu ini kembali ke kotanya, disana sedang diadakan undian di bank tempatnya menabung. Hadiah utamanya adalah 1 unit mobil. Ia berkata pada suaminya, Tuhan akan berikan mobil itu untuknya. Spontan suaminya tertawa, mana mungkin? Tapi ibu ini tetap percaya, dalam hatinya ia yakin sekali Tuhan akan menepati janji-Nya. Dan ketika tiba saatnya nama-nama pemenang undian diumumkan, dan benar-benar nama ibu ini disebut sebagai pemenang hadiah utama.

Firman Tuhan berkata, karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Tuhan tidak pernah mempermalukan orang yang percaya kepada-Nya. Belajar buka hati, belajar mau menerima apa kata firman Tuhan. Belajarlah untuk meresponi pesan Tuhan, walaupun kelihatannya mustahil tapi belajarlah untuk percaya. Jika kita terus mengeraskan hati, maka kita sendiri yang rugi. Kita akan kehilangan berkat dan kesaksian yang besar. Jangan pernah menyerah pada keraguan kita, jangan biarkan pendapat orang lain meruntuhkan iman kita. Serahkan diri kita dan belajar masuk dalam hadirat Tuhan, maka iman kita akan dibawa terus bertumbuh, terus dibangkitkan sampai terjadi ledakan iman. Saat itulah, apa yang tidak pernah kita pikirkan, yang jauh melebihi dari yang kita doakan, akan Tuhan berikan dan jadikan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Belajarlah MEMBUKA HATI untuk MENERIMA dan MERESPONI pesan firman Tuhan.

APLIKASI
1.    Apakah hati Anda sudah terbuka dan bisa menerima pesan firman Tuhan dengan baik?
2.    Bagaimana cara Anda meresponi pesan firman Tuhan?
3.    Apa komitmen Anda untuk mengalahkan hati yang keras?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami mau buka hati kami lebar-lebar untuk kebenaran firman-Mu. Kami mau percaya dan aminkan setiap janji-Mu, sebab Engkau Allah yang tidak bisa ingkar janji. Tolong kami Tuhan untuk bisa meresponi dengan baik setiap pesan firman-MU, biarlah Roh Kudus-Mu senantiasa membimbing dan menguatkan kami. Terima Kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.