Mengalami Apa yang Tidak Dialami Orang Lain

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 14 September 2016

BACAAN HARI INI

2 Raja-raja 2:1-18

RHEMA HARI INI

2 Raja-raja 2:9 Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.”

Bertahun-tahun lampau ada seorang ayah yang mengajarkan pada anaknya yang baru berumur 9 tahun bagaimana cara membuat sepatu. Suatu hari pisau yang dipakai untuk memotong bagian-bagian dari sepatu tersebut jatuh dari meja dan terpental mengarah ke wajah si anak dan melukai mata anaknya, bahkan mengakibatkan kebutaan permanen. Dalam kesedihannya sang ayah memasukkan ia ke sekolah khusus untuk orang buta dan di sana anak itu belajar membaca dengan menggunakan balok-balok kayu yang diukir dalam bentuk-bentuk huruf latin. Karena balok-balok itu besar, berat dan sulit untuk dipegang, si anak pun berpikir bahwa pasti ada cara lain yang jauh lebih mudah agar orang buta dapat membaca dengan lancar dan efektif. Selama bertahun-tahun ia bersungguh-sungguh berjuang mencoba mencari ide dan ingin mengembangkan cara membaca bagi orang buta dengan membuat titik-titik pada lembaran kertas. Dalam membuat titik-titik lubang pada kertas itu ia menggunakan pisau yang ada di ruang kerja ayahnya dan pisau itu juga yang sebetulnya melukai matanya. Akhirnya anak itu pun berhasil menghasilkan sebuah alat bantu membaca yang sangat ringan dan sangat mudah digunakan oleh setiap orang buta untuk belajar membaca dan sekaligus untuk membuat tulisan-tulisan khusus untuk orang-orang buta. Nama anak tersebut adalah Louis Braille.

Karya Braille telah menjadi berkat luar biasa bagi banyak orang buta di dunia ini dan karyanya telah di pakai untuk penulisan buku-buku dari berbagai aspek pengetahuan yang ada di dunia ini. “Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu.” Louis Braille tidak mau menyalahkan keadaan atau pun TUHAN, bahkan Louis Braille tidak mau menyerah kalah terhadap tragedi yang menimpa dirinya. Di dalam semua penderitaan dan masalah selalu ada peluang untuk menjadi lebih baik daripada menyerah dan dikalahkan tragedi. Belajarlah dari Louis Braille yang tidak pernah menyerah dan bersungguh-sungguh berjuang. Don’t give up! Selalu bersyukur kepada Tuhan di dalam segala situasi dan kondisi dalam hidupmu serta bersukacitalah senantiasa.

RENUNGAN

Orang yang bersungguh-sungguh akan MENGALAMI YANG TIDAK DIALAMI oleh orang lain.

APLIKASI

  1. Sebagai anak-anak Tuhan yang tidak sama dengan dunia, coba Anda teliti apa perbedaan Anda dengan orang dunia?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa kami bersyukur jika kami Engkau pilih jadi anak-anakMu sehingga kami dapat mengalami hal-hal luarbiasa yang orang lain tidak mengalaminya. Dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Keluaran 30-32