Mengalami Metamorfosis

RHEMA HARI INI
2 Korintus 5:17 “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

VP merampas traktat dari tangan penginjil muda. Ia melihat tulisan dalam traktat itu dengan jijik. “Ninage Rakshane Beke,” dituliskan seperti itu. “Apakah Anda Membutuhkan Keselamatan?” Saat VP mulai merobek-robek traktat itu, orang-orang lain dalam kelompoknya mulai memukuli orang-orang Kristen. Walaupun India dilukiskan di media sebagai negara yang relatif aman, VP mengatakan bahwa orang-orang radikal mengajarkan para pengikutnya untuk menggunakan kekerasan terhadap orang-orang Kristen. Walaupun VP diajarkan untuk membenci orang-orang Kristen, ia juga penasaran tentang Juru Selamat, Yesus Kristus. Tidak lama setelah ia menerima Yesus sebagai Tuhan, VP mengalami kebebasan secara ajaib. Namun keluarganya mengusirnya. Meski demikian, ia tidak pernah berhenti berdoa agar mereka mengenal Kristus. Sejak saat itu, VP tinggal dengan seorang penginjil dan mempelajari firman Tuhan. Ketika ia sedang berjalan di sebuah jalanan yang sepi, dua orang pria berjalan di dekatnya. VP memperhatikan dengan seksama salah satu dari mereka, ia pernah melihat pria itu. Pria itu adalah seorang penginjil muda dengan traktatnya yang pernah dipukuli oleh VP. Sebaliknya, tanpa menertawakan VP yang sekarang telah menjadi tunawisma, pria tersebut, BA, menyapa dan menunjukkan kasihnya kepada mantan penganiaya orang Kristen ini. Ia memberikan Alkitab kepada VP dan sejumlah uang untuk tinggal dengan seorang pelayan Tuhan di kota terdekat. Sejak hari itu, VP mempunyai banyak traktat yang menyatakan “Apakah Anda Membutuhkan Keselamatan?” Sebagai seorang penginjil, ia tidak lagi merobek traktat-traktat ini. Ia telah membagikan lebih dari 50.000 traktat kepada orang-orang di seluruh India.

Metamorfosis artinya perubahan bentuk atau susunan; peralihan bentuk (misal dari ulat menjadi kupu-kupu). Filosofi ideal dari proses metamorfosis kupu-kupu adalah bagaimana dia berubah bentuk dari wujud ulat yang menggelikan yang buat sebagian orang sangat menakutkan lalu mengalami proses metamorfosis yang sempurna, dengan berubah bentuk menjadi sebuah kupu-kupu bersayap indah yang bisa terbang kesana kemari mempesona dan menyenangkan semua orang yang melihatnya dengan keindahannya. Dalam hidup kita ada yang namanya Momen Metamorfosis. Manusia lama berubah menjadi manusia baru. Manusia lama yang tunduk kepada keinginan daging berubah menjadi manusia baru yang hidup dalam roh. Dalam kisah di atas VP telah mengalami momen metamorfosis yaitu semula membenci Kristus namun akhirnya menjadi penginjil. Setiap kita perlu mengalami METAMORFOSIS. Dari buruk menjadi sesuatu yang LUAR BIASA! (ABU)

RENUNGAN
Setiap kita perlu mengalami METAMORFOSIS. Dari buruk menjadi sesuatu yang LUAR BIASA!

APLIKASI
1. Tuliskan perubahan-perubahan apa yang sudah anda alami dari yang buruk menjadi luarbiasa ?
2. Dan tuliskan pula perubahan seperti apa yang belum terjadi dalam hidup anda dan apa yang akan anda lakukan dengan hal itu ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami bersyukur karena hari demi hari bersama Engkau kami mengalami perubahan yang makin baik dan luarbiasa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Kejadian Pasal 20-22
Matius Pasal 6 ayat 19-34