Mengalami Transformasi Kesehatan

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 07 Maret 2017

BACAAN HARI INI

3 Yohanes 1:2-8

RHEMA HARI INI

3 Yohanes 1:2 Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.

Ada kesalahapahaman umum tentang tubuh di antara anak-anak Tuhan. Kita pikir karena Tuhan kita adalah Roh, maka tentunya yang terpenting bagi Tuhan adalah jiwa dan roh kita. Orientasi kerohanian kita pun hanya terpaku pada kekekalan saja. Akibatnya, banyak dari kita yang hebat dalam berbagai perkara rohani tetapi mengabaikan hal-hal yang bersifat fisik. Kita memperhatikan kesehatan rohani kita, tetapi melalaikan kesehatan jasmani kita. Padahal, Tuhan menciptakan tubuh, jiwa dan roh kita dalam satu kesatuan yang utuh. Kehidupan kita di bumi sekarang ini pun sama pentingnya dengan kehidupan kita di surga nanti. Sebab Tuhan tidak memberikan kita nafas hidup dalam tubuh fisik kita tanpa tujuan. Dia memiliki tugas khusus untuk masing-masing dari kita. Yang tidak bisa kita kerjakan tanpa tubuh kita. Yang hasil akhirnya kelak akan menentukan kehidupan kita di kekekalan.

Tanpa tubuh yang sehat, pencapaian kita menjadi terbatas. Sakit-penyakit tentunya tidak kita harapkan, tetapi dengan stamina yang kurang fit pun kita tidak dapat melakukan banyak hal. Itu sebabnya, kita perlu membangun gaya hidup sehat yang sesuai dengan firman Tuhan. Agar kita pun dapat mengalami transformasi kesehatan yang luar biasa.

Dengan tubuh yang sehat, kita dapat melakukan banyak aktivitas dengan lebih nyaman dan tanpa beban tambahan. Saat-saat pribadi kita bersama Tuhan dalam doa, pujian, penyembahan maupun perenungan firman menjadi lebih fokus. Kita dapat melayani-Nya dengan lebih giat. Pekerjaan kita maksimal dan lebih produktif. Hubungan keluarga dan pertemanan berjalan lebih lancar. Emosi kita pun jarang naik-turun. Akibatnya bukan hanya hubungan kita dengan Tuhan yang semakin dalam atau kerohanian kita kian bertumbuh, tetapi kita juga dapat meraih kesuksesan dalam apa yang kita kerjakan dan dalam segala relasi kita. Pada akhirnya, rencana Tuhan dalam hidup kita pun tergenapi tanpa melalui banyak hambatan. (MV.L)

RENUNGAN

Kita perlu mengalami TRANSFORMASI KESEHATAN karena hal itu akan membawa PENGARUH POSITIF pada berbagai aspek hidup kita

APLIKASI

  1. Selama ini, apa saja hal-hal yang tidak dapat Anda kerjakan karena kesehatan Anda kurang baik atau sakit?
  2. Apa itu transformasi kesehatan? Mengapa Anda perlu mengalaminya?
  3. Langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk mengalami transformasi kesehatan ?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami menyadari bahwa selama ini hidup kami belum maksimal. Bantu kami, ya, Roh Kudus, agar kami dapat mengalami transformasi kesehatan. Sehingga kami pun dapat memenuhi tujuan Tuhan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja-raja 20-21