Mengalungkan Kasih Dan Kesetiaan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 22-23
Yohanes 4:31-54

BACAAN HARI INI
Amsal 3:1-8

RHEMA HARI INI
Amsal 3:3-4 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.

Jatuh hati kepada seekor anjing jenis Akita, Profesor Ueno membawanya pulang. Hachiko, itulah namanya. Setiap pagi Hachiko mengantar Ueno ke stasiun untuk berangkat kerja. Menjelang malam, ia akan kembali ke stasiun untuk menjemput majikannya. Kebiasaan ini berlangsung selama dua tahun. Sampai suatu hari, tuannya mengalami serangan jantung saat bekerja dan tidak pernah kembali lagi. Hachiko tidak mengerti kalau tuannya sudah meninggal. Setiap pagi dan malam, ia tetap setia pergi ke statiun untuk menanti tuannya kembali. Tidak jarang, dalam penantiannya, ia mendapat perlakuan kasar oleh orang-orang yang mengiranya anjing liar. Sampai akhirnya, dalam penantian panjangnya, Hachiko yang sudah tua pun meninggal. Karena kesetiannya kepada tuannya, masyarakat di Jepang pada masa itu mengabadikan kisah hidupnya. Mereka membangun monumen untuk memperingati kesetiannya yang luar biasa kepada tuannya.

Jika Hachiko saja bisa mendapatkan kasih tuannya, serta mendapatkan penghargaan masyarakat Jepang karena kesetiaannya, bukankah terlebih lagi seharusnya kita di hadapan Allah dan manusia? Dari kesetiaan Hachiko, kita dapat melihat, ia bukan hanya ‘setia jika’, tetapi ia tetap ‘setia sekalipun’. Sekalipun tuannya tidak datang ke stasiun, ia tetap datang. Sekalipun manusia menyakitinya, sekalipun situasi di stasiun tidak enak, Hachiko tetap setia menati tuannya sampai ajal menjemputnya.

Bagaimana dengan kita? Sekalipun Tuhan tidak datang memberkati kita, sekalipun semua orang menyakiti kita, adakah hati kita tetap percaya dan setia menanti di hadirat-Nya? Dalam momen Natal bahagia ini, mari bertumbuh dalam anugerah-Nya. Kalungkan pada leher dan tuliskan pada loh hati kita kasih setia Tuhan. Jadilah pelaku firman dan utamakan Dia. Maka, kita pun akan memiliki abundant grace atau anugerah-Nya yang melimpah. Kita pasti akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah dan manusia.

RENUNGAN
Jika kita memiliki KASIH DAN KESETIAAN kepada Tuhan, kita juga akan memiliki ANUGERAH MELIMPAH-NYA.

APLIKASI
1. Mengapa kasih dan kesetiaan kepada Tuhan bisa membuat anugerah melimpah-Nya terjadi di hidup Anda?
2. Sudahkah Anda mengalungkan dan menuliskan kasih dan setia Tuhan dalam hidup Anda? Apa anugerah yang Anda terima dan rasakan setelah Anda mengalungkan dan menulis kasih dan setia Tuhan dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mengalungkan kasih dan kesetiaan pada hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas kasih dan setia-mu dalam hidup kami. Kami mau mengalungkannya pada leher kami, dan menuliskannya pada loh hati kami, sehingga kami boleh terus bertumbuh dalam anugerah-mu yang melimpah. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”