Mengasihi Karena Karya Roh Allah

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 3:11-18

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 3:16 Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.

Pada suatu siang, sebuah peluru mortir mendarat di sebuah panti asuhan di sebuah perkampungan kecil Vietnam. Seorang gadis kecil yang berusia sekitar 8 tahun terluka. Setelah melihat keadaan gadis kecil itu, dokter menyimpulkan bahwa anak tersebut sudah dalam keadaan yang sangat kritis. Tanpa tindakan cepat, anak itu akan segera meninggal kehabisan darah. Transfusi darah adalah jalan terbaik untuk keluar dari masa kritis ini. Setelah agak lama, akhirnya ada seorang anak mau mendonorkan darahnya untuk gadis tersebut. Anak tersebut bernama Heng. Heng kemudian dibaringkan ke tandu, lengannya diusap dengan alkohol, dan kemudian sebatang jarum dimasukkan ke dalam pembuluh darahnya. Beberapa saat kemudian ia menangis terisak-isak, dan dengan cepat menutupi wajahnya dengan tangannya yang bebas. Sambil melihat ke atas, perawat itu berkata lirih kepada dokter Amerika tersebut, “Ia mengira bahwa ia akan mati. Ia salah paham. Ia mengira Anda memintanya untuk memberikan seluruh darahnya agar gadis kecil itu tetap hidup.” “Tetapi kenapa ia tetap mau melakukannya?” tanya sang dokter dengan heran. Perawat Vietnam itu kembali bertanya kepada Heng, dan Heng pun menjawab dengan singkat: “Gadis kecil yang terluka itu sahabat saya.”

Kasih adalah hal yang terbesar. Ketika kita mengasihi orang lain, maka kita akan melakukan atau memberikan yang ada pada kita untuk orang lain. Cerita diatas memberi gambaran luarbiasa bagi setiap kita. Kita tahu bahwa Heng sebenarnya takut, namun karena kasih yang begitu luar biasa kepada sahabatnya maka Heng memberanikan diri untuk donor darah. Apalagi ketika Roh Allah mulai berkarya maka kasih yang kita tabur akan makin dahsyat.

Agape adalah kasih yang tanpa syarat. Ketika kita percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat, kita harus menyadari bahwa kita dilahirkan kembali dalam Roh Allah dan firman Tuhan berkata bahwa Allah adalah kasih. Oleh karena itu, ketika kita dilahirkan dalam Roh Allah, saat itulah kasih Agape lahir dalam diri kita. Kita hanya bisa melakukan kasih agape apabila kita dipenuhi kasih Allah. Apabila ada orang yang membuat Anda sakit hati sehingga Anda sulit mengampuni, penuhilah hati Anda dengan kasih Allah, sehingga Anda bisa mengampuni dan mengasihi sama seperti ketika Tuhan Yesus berdoa bagi orang-orang yang menyalibkanNya: “Bapa, ampunilah kesalahan mereka, sebab mereka tidak mengerti apa yang mereka perbuat”. Mulai saat ini biarkan Roh Allah berkarya dan menguasai hidup kita sehingga kita bisa mengasihi dengan kasih agape. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Ketika ROH ALLAH BERKARYA dan menguasai hidup kita, saat itulah kita bisa mengasihi dengan KASIH AGAPE.

APLIKASI
Apa yang akan Anda lakukan agar Roh Allah menguasai Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa penuhi kami dengan Roh KudusMu agar kami mampu menjadi berkat . Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hosea 1-4
Wahyu 1