MENGASIHI TUHAN ADALAH HUKUM YANG TERUTAMA

RHEMA HARI INI

Keluaran 20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

Setiap kita pasti menginginkan hidup dalam anugerah Tuhan. Segala sesuatu yang kita kerjakan berhasil, ada penyertaan, tuntunan serta perlindungan Tuhan. Bahkan jika kita sampai terpeleset dan jatuh, tangan Tuhan akan selalu menopang sehingga oleh anugerah-Nya, kita tidak akan sampai tergeletak dan mampu bangkit kembali. Ya, kita manusia memang menginginkan semua yang terbaik dalam hidup kita. Semua ini bisa kita dapatkan, sebab Tuhan sendiri telah berjanji. Tetapi sebelum itu, ada satu hukum yang terutama yang harus kita penuhi, yaitu MENGASIHI TUHAN DENGAN SEGENAP.

Tuhan menempatkan hukum ini di tempat yang terutama dan pertama adalah karena Dia tahu, jika kita benar-benar mengasihi Dia maka kita akan mau mematuhi semua perintah-perintah-Nya, meskipun mungkin sangat bertentangan dengan hati dan keinginan kita. Kita bisa belajar dari kehidupan Yusuf ketika ia berada di Mesir. Kita tahu apa yang Yusuf utamakan dalam kehidupannya, Allah, pekerjaannya atau istri Potifar? Istri Potifar bukanlah seorang tante-tante gemuk dan menor seperti yang mungkin kita bayangkan. Potifar yang seorang pejabat kerajaan, tentu tidak sembarangan mengambil wanita sebagai istrinya. Bisa jadi istri Potifar secantik Miss Universe bila dijaman ini. Bisa kita bayangkan, betapa tidak mudah bagi Yusuf untuk menolak godaan menggiurkan dari wanita seelok ini. Tetapi Yusuf memilih lari menghindar ketimbang ia jatuh dalam dosa dan melanggar perintah Allah. Dan karenanya Yusuf kehilangan pekerjaannya bahkan dimasukkan dalam penjara.

Seandainya kita dihadapkan pada pilihan serupa, dimanakah kita akan menempatkan kesetiaan pertama kita? Dapatkah kita mengutamakan Allah dengan mengorbankan keamanan, kenyamanan dan keinginan kita? Apakah kita lebih ingin menyenangkan Allah daripada memuaskan kesenangan kita sendiri atau kesenangan orang lain yang bisa menguntungkan kita? Ketika kita tidak hanya hafal dan bisa mengucapkan hukum yang terutama ini, tetapi juga bisa melakukannya, maka anugerah Tuhan yang melimpah akan menyertai sepanjang hidup kita bahkan sampai pada keturunan kita. (PF)

RENUNGAN

Kalau kita ingin HIDUP DALAM ANUGERAH TUHAN, kita harus melakukan HUKUM YANG TERUTAMA yaitu MENGASIHI TUHAN.

APLIKASI

1. Bagaimanakah definisi hidup dalam anugerah Tuhan menurut Anda?
2. Apa yang harus Anda penuhi sebelum Anda bisa mendapatkan hidup dalam anugerah Tuhan?
3. Dengan cara bagaimana Anda menunjukkan bahwa Anda mengasihi Tuhan dengan segenap hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika kami selalu ingin mendapatkan yang terbaik dari-Mu, tetapi kami belum mengasihi-Mu dengan segenap hati kami. Tolong kami Tuhan, mampukan kami untuk mengasihi-Mu segenap hati. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!