Mengelola Harta Yang Tuhan Percayakan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 12 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Lukas 16:10-15

RHEMA HARI INI

Lukas 16:11-12 Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Dalam perumpamaan tentang talenta, dikisahkan tentang tuan yang hendak bepergian dan mempercayakan hartanya kepada tiga hambanya. Ada yang diberi lima talenta, dua talenta, dan yang terakhir hanya satu talenta. Kedua hamba yang pertama mengusahakan talenta mereka. Namun, hamba yang menerima paling sedikit, merasa tuannya tidak adil dan mengubur talentanya dalam tanah. Sewaktu sang tuan pulang, ia mendapati hamba yang bertalenta lima berhasil melipatgandakan talentanya menjadi sepuluh. Ia pun gembira dan mempercayakan tanggung jawab yang lebih besar lagi. Selain itu, ia mengundang hambanya tersebut untuk mengambil bagian dalam kebahagiaannya. Demikian juga yang terjadi dengan hamba yang bertalenta dua. Namun, ketika tiba gilirannya hamba bertalenta satu untuk menghadap, sang tuan menemukan bahwa selama ia pergi, hambanya itu hanya mendiamkan harta yang ia terima. Tak dapat dihindari, si satu talenta dimurkai tuannya.

Terkadang, seperti si satu talenta, kita hanya dapat melihat orang lain menerima banyak berkat dari Tuhan, sedangkan kita hanya memiliki sedikit. Kita pun merasa betapa tidak adilnya hidup ini. Kita tidak menyadari, bahwa ada alasan mengapa Tuhan memberikan berkat yang berbeda untuk setiap orang. Bukan karena Dia kejam atau lebih mengasihi yang lainnya daripada kita. Namun, semua itu hanya karena Tuhan sedemikian mengenal kita, dan Dia tahu seberapa besar kesanggupan kita (Mat. 25:15).

Ya, meski Tuhan mengasihi kita, bukan berarti Dia akan memanjakan kita. Justru, Dia sedang menumbuhkan tanggung jawab kita dalam sedikitnya harta kita. Tuhan ingin kita melihat, di balik satu-satunya talenta dalam genggaman kita, Tuhan memiliki rencana besar yang jauh lebih bermakna melampaui harta di dunia ini. Tidakkah kita ingin mendengar Tuhan berkata, “Kamu hamba yang baik dan setia, engkau sudah setia dalam perkara kecil, Aku akan memberikan kepercayaan yang lebih besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan-Ku.” (MV.L)

RENUNGAN

Cara kita MENGELOLA HARTA DUNIAWI akan sangat MENENTUKAN UPAH yang akan TUHAN BERIKAN menjadi harta kita yang sesungguhnya di surga

APLIKASI

  1. Bagaimanakah cara Anda memakai dan mengelola harta Anda selama ini?
  2. Mengapa kita harus memperhatikan cara kita mengelola harta yang kita miliki?
  3. Bagaimanakah Anda dapat mengelola harta Anda sesuai dengan yang Tuhan mau?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih, Tuhan, untuk setiap harta yang Engkau percayakan kepada kami. Berilah kami hikmat untuk dapat mengelola berapa pun harta yang sekarang ini Engkau percayakan kepada kami. Agar kami pun dapat memenuhi tujuan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yesaya 5-8