Mengembalikan Persepuluhan Dalam Segala Kondisi

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 16-17
Kisah Para Rasul 20:1-16

BACAAN HARI INI

Lukas 21:1-4

RHEMA HARI INI

Lukas 21:3-4 Lalu Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.”

Sangat sering kita mendengar tentang Yesus yang mengajar dan memberitakan Injil di Bait Allah. Dalam bacaan hari ini, diceritakan bahwa pada saat itu Yesus mengamati orang-orang kaya yang memasukkan persembahan di peti persembahan. Kemudian, ada seorang janda miskin yang juga memasukkan persembahannya, yang hanya berjumlah dua peser. Jumlah yang sangat minim, apabila dibandingkan dengan nominal pemberian orang-orang kaya lainnya. Namun, justru janda miskin ini mendapat pujian dari Tuhan. Dia pun mengatakan jika pemberian si janda lebih banyak daripada orang-orang kaya tersebut .

Tidak secara kebetulan rhema hari ini berbicara tentang arti memberi kepada Tuhan dengan tulus. Jika orang kaya memberi dalam kelimpahannya, maka si janda miskin memberi dalam kekurangannya. Bahkan, ia memberikan semua nafkahnya sebagai persembahan. Hal inilah yang menyentuh hati Tuhan, karena Tuhan tidak memandang secara kuantitas, melainkan kualitas hati. Janda miskin ini tahu dan sadar, bahwa seluruh hidupnya bergantung kepada Tuhan. Tuhanlah yang selama ini sudah memelihara hidupnya, sehingga ia memberi persembahan sebagai wujud rasa syukurnya dengan memberikan yang terbaik yang ia miliki.

Begitu pun juga dengan kita saat ini, sudah sangat amat banyak perbuatan baik Tuhan dalam hidup kita. Sudah sewajarnya dan seharusnya kita mengucap syukur kepada Tuhan. Salah satu wujud ucapan syukur kita atas berkat-berkat Tuhan dalam hidup kita adalah dengan mengembalikan persepuluhan. Baik kita dalam kekurangan, maupun dalam kelimpahan, tetaplah mengucap syukur dan mengutamakan Tuhan. Tuhan tidak melihat nominal pemberian kita, Tuhan melihat hati yang tulus memberi dan penuh dengan ucapan syukur. Saat Tuhan melihat hati yang sepenuhnya percaya dan bangkit untuk memuliakan-Nya dengan harta kita, Dia tidak akan pernah membiarkan kita kekurangan. Bahkan, Tuhan akan menerbitkan terang kita dan menjadikan kita berkat bagi banyak orang. (Rdf)

RENUNGAN

DI MANA PUN posisi keuangan kita saat ini, MULAILAH mengembalikan persepuluhan SEKARANG JUGA.

APLIKASI

1. Menurut Anda, apakah pentingnya persepuluhan bagi hidup kita?
2. Sudahkah Anda mengembalikan persepuluhan selama ini? Dampak apa yang Anda rasakan ketika Anda taat dan konsisten mengembalikan persepuluhan?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil dalam hal mengembalikan persepuluhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih untuk renungan hari ini. Kami menyadari begitu banyak berkat yang telah Engkau limpahkan dalam hidup kami. Ajar kami untuk dapat berkomitmen dan konsisten dalam mengembalikan persepuluhan sebagai wujud ucapan syukur kami kepada Engkau. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”