Mengembalikan Persepuluhan Sesuai Yang Tuhan Mau

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 13-15
Kisah Para Rasul 19:21-41

BACAAN HARI INI

Nehemia 13:1-13

RHEMA HARI INI

Nehemia 13:11-12 Aku menyesali para penguasa, kataku: “Mengapa rumah Allah dibiarkan begitu saja?” Lalu kukumpulkan orang-orang Lewi itu dan kukembalikan pada tempatnya. Maka seluruh orang Yehuda membawa lagi persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak ke perbendaharaan.

“Kenapa sih harus mempermasalahkan kemana kita memberikan persepuluhan?” tanya Andi dengan berapi-api kepada sekelompok teman. “Aku yang menghasilkannya, ya terserah mau kupakai buat apa. Sebenarnya, persepuluhan sudah tidak relevan lagi sekarang. Kita tidak hidup dalam perjanjian lama.” Seorang teman pun menimpalinya, “Ya, itu benar, gereja tidak seharusnya mengharapkan persepuluhan jemaat. Mereka harusnya fokus pelayanan saja. Sebagai pelayan Tuhan, mereka seharusnya percaya kalau Tuhan yang akan mencukupkan mereka.”

Inilah pembicaraan yang banyak terjadi di kalangan anak-anak Tuhan. Dari masa ke masa, persepuluhan selalu menjadi polemik yang tak ada habisnya. Memang benar, Tuhan bisa memenuhi kebutuhan gereja-gereja-Nya secara supernatural. Namun jangan lupa, sementara kita hidup dengan mengharapkan uluran tangan Sang Ilahi, kita juga memijak bumi. Lebih seringnya, Tuhan menggunakan sumber-sumber yang ada di bumi ini untuk memelihara kehidupan. Mungkin inilah yang luput dari pemahaman kita: Tuhan ingin memakai kita sebagai sumber berkat.

Instruksi Tuhan sudah jelas, yaitu membawa persepuluhan ke rumah perbendaharan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Nya (Mal. 3:10). Tuhan pun menentukan persepuluhan sebagai hak bagian orang-orang yang bekerja di rumah-Nya (Bil. 18:21,24). Kalau hal ini diabaikan, jangan heran kalau para pekerja Tuhan berlaku seperti orang Lewi saat bangsa Israel kembali dari pengasingan dan Bait Allah baru dibangun kembali. Mereka lari ke ladang untuk memenuhi kehidupan mereka sendiri dan melalaikan tugas di Bait Allah (ay.10). Bukankah wajar ketika Tuhan memakai para pekerja-Nya untuk memberi roh kita makan dan juga pertumbuhan, kita pun memperhatikan kebutuhan jasmani mereka (Rm. 15:27)? Jangan hanya mau terus dilayani. Bangkit dan lakukanlah bagian kita, muliakan Tuhan dengan harta yang Dia percayakan, maka Tuhan bukan hanya akan memakai kita sebagai terang untuk memberkati gereja-Nya, tetapi juga melibatkan kita dalam perkara-perkara yang melampaui bayangan kita. (MV.L)

RENUNGAN

Bawalah persembahan PERSEPULUHAN kita ke GEREJA LOKAL, tempat Tuhan MENANAMKAN kita dan memberi kita PERTUMBUHAN.

APLIKASI

1. Ke manakah Anda membawa persepuluhan Anda selama ini?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda membawa persepuluhan ke gereja lokal Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mentaati instruksi Tuhan menyangkut persepuluhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, kami mengucap syukur atas setiap berkat yang Engkau berikan kepada kami. Seberapa pun yang Engkau percayakan, kami mau taat mengembalikan persepuluhan sesuai instruksi-Mu. Bukan supaya kami lebih diberkati, tetapi agar kami dapat menjadi berkat di mana pun kami berada. Agar kami bertumbuh dari orang-orang yang dilayani menjadi orang-orang yang melayani; baik itu dengan waktu, tenaga, maupun harta kami. Biarlah terang kemuliaan-Mu saja yang semakin terpancar melalui hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”