MENGENALI SELUBUNG PENGHALANG DALAM HIDUP KITA

RHEMA HARI INI

Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Jauh sebelum pandemi melanda, Rina pernah mencoba melanjutkan usaha kecil-kecilan milik ibunya. Pada waktu itu usahanya diberkati Tuhan, tetapi Rina merasa jenuh dan tidak lagi bersungguh-sungguh. Pelanggannya berkurang dan modalnya habis sehingga ia harus mencari pekerjaan. Beruntung, ia mendapatkan pekerjaan yang sangat baik dan memuaskan. Sayang seribu sayang, pandemi datang dan ia dirumahkan, alias di-PHK. Di tengah kegalauannya, ibunya menasihati agar ia berdoa memohon pertolongan Tuhan. Melalui ibunya juga, Tuhan menuntun agar ia kembali memulai usaha yang pernah ia tinggalkan, dan menegurnya agar bekerja lebih sungguh-sungguh, sehingga produknya tetap berkualitas serta pelanggan tidak lari. Namun, ia takut bila usahanya gagal lagi. Lama ia memikirkan segala kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Selain itu, kalau mau jujur, ia masih mengharapkan kerja kantoran yang dianggapnya lebih mapan dan bergengsi.

Akhirnya, keadaan yang memburuk memaksanya sadar dan mulai bergerak. Kalimat “Kita lakukan bagian kita dan Tuhan selebihnya” memberanikannya mengambil langkah untuk membuka kembali usahanya. Tanpa ia duga, di tengah pandemi yang serba terbatas, usahanya justru mengalami terobosan. Jika dulu ia hanya dapat menjual dagangan di daerah, sekarang ia dapat mengirimnya ke seluruh Indonesia. Kini ia dapat menjadi berkat tidak hanya untuk keluarga tetapi juga bagi pegawai dan pelanggannya.

Seringkali, kita tidak dapat melihat ke mana Tuhan menuntun kita karena ada selubung penghalang yang menutupi mata hati kita. Selubung tersebut bisa berupa dosa, pola pikir yang salah, kebiasaan buruk, atau pergaulan tertentu yang harus ditinggalkan dan ditanggalkan agar rencana besar Tuhan yang besar dalam hidup kita dapat tergenapi. Memang tidak mudah mengenali dan mengakui sesuatu yang sudah mengakar di hidup kita sebagai hal yang salah, tetapi layangkan mata kita kepada Tuhan dan berhenti mengkompromikan hal-hal yang tidak sesuai kehendak-Nya, maka janji-janji Tuhan akan menjadi milik kita.

RENUNGAN

Saat kita MENGENALI apa saja SELUBUNG yang ada dalam hidup kita dan mentaati perintah-Nya, maka penggenapan visi Tuhan pun akan menjadi LEBIH CEPAT.

APLIKASI

1. Selubung penghalang apa yang menutupi pandangan Anda dari rencana Tuhan dalam hidup Anda?
2. Apa yang akan Anda lakukan terhadap selubung tersebut?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil agar rencana Tuhan yang besar dalam hidup Anda tergenapi?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mau menanggalkan selubung beban dan dosa yang menghalangi penggenapan visi Tuhan dalam hidup kami. Pakailah hidup kami, agar kami dapat mempermuliakan nama-Mu dalam setiap langkah kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!