MENGEVALUASI HUBUNGAN DENGAN ROH KUDUS

RHEMA HARI INI

Mazmur 26:2 Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.
Karena melihat Putri tidak pernah pergi keluar rumah selama masa pandemi, mama berinisiatif untuk mengajaknya pergi berbelanja kebutuhan bulanan. Mama berpikir bahwa Putri pasti jenuh sekali tidak bisa pergi bersekolah ataupun bermain bersama teman. Pastilah ia senang jika diajak pergi sebentar ke supermarket. Tetapi ternyata mama salah, Putri lebih suka di rumah saja, bermain dan membaca komik melalui ponselnya. Mama yang tambah khawatir anaknya kecanduan gadget, lalu memaksa Putri untuk ikut dengannya. Akhirnya dengan muka masam dan di tekuk-tekuk, Putri pun pergi dengan mamanya. Walaupun Putri tidak mengucapkan kata-kata yang menyatakan ketidak sukaannya, namun mama tahu bahwa anaknya itu sedang tidak senang hatinya. Mama lalu mengajak Putri ke gerai es krim setelah selesai berbelanja dan membelikannya strawberry sundae ukuran besar. Raut wajah Putri yang semula cemberut langsung berubah menjadi senyum lebar dengan mata berbinar. Mama pun tertawa geli melihat kelakuan putrinya itu.

Secara naluri, kita sebenarnya pasti bisa mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh orang terdekat kita. Hanya dari roman muka, nada suara dan gerak geriknya, kita bisa tahu apakah mereka sedang sedih, gembira, takut atau sedang marah. Begitu pula dengan Roh Kudus yang tinggal begitu dekat di dalam hati setiap kita. Sebagian besar dari kita, sebenarnya tahu apa yang sedang dirasakan oleh Roh Kudus. Ketika kita merasa tidak enak dan bersalah setelah kita marah-marah pada seseorang, kita tahu bahwa Roh Kudus sedang berduka karena kita tidak bisa mengendalikan emosi. Ketika kita merasa kering rohani dan sulit merasakan kehadiran Roh Kudus saat kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk gadget atau hobi kita ketimbang untuk bicara dengan Roh Kudus, kita sebenarnya tahu bahwa Roh Kudus sedang cemburu.

Sayangnya kita seringkali mengabaikan perasaan-perasaan ini, sehingga hubungan kita dengan Roh Kudus menjadi terganggu. Tahun ini, jika kita rindu untuk semakin dekat dengan Roh Kudus dan melihat kuasa-Nya dinyatakan, selalu evaluasikan hubungan kita dengan Roh Kudus. Periksa secara rutin, apakah hari ini kita sudah menyukakan hati Roh Kudus atau malah mendukakan-Nya. Cobalah untuk merasakan dan ambil respon yang tepat setelahnya, supaya Roh Kudus betah tinggal di dalam diri kita. (PF)

RENUNGAN

Selalu EVALUASIKAN hubungan kita dengan Roh Kudus.

APLIKASI

1. Menurut Anda, sedang bagaimana perasaan Roh Kudus saat ini?
2. Mengapa Anda perlu selalu mengevaluasi hubungan Anda dengan Roh Kudus?
3. Apa respon yang harus Anda ambil setelah Anda mengevaluasi hubungan Anda dengan Roh Kudus saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih atas pembukaan-Mu pada malam hari ini. Kami mau terus belajar untuk menyenangkan hati Roh Kudus. Tolong kami Tuhan, uji dan selidiki hati kami, tunjukkanlah kesalahan kami agar kami dapat segera memperbaikinya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!