Menghancurkan Musuh Iman Bernama Keraguan

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
2 Timotius 1:1-12

RHEMA HARI INI
2 Timotius 1:12b karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan.

Menjelang ujian semester, Jenny baru sadar bahwa ia harus menyelesaikan beberapa tunggakan di kampus. Ayah Jenny hanyalah seorang buruh lepas, sehingga tidak bisa rutin mengirimi Jenny uang. Di awal masuk kuliah, ayahnya pernah berjanji meskipun tidak bisa rutin mengirimi Jenny uang, tetapi saat dibutuhkan, ayahnya pasti akan memberikannya. Selama kuliah ia tidak pernah ragu akan kebutuhannya karena ia mengenal ayahnya. Meskipun kadang keraguan muncul, ia segera menepisnya karena ia percaya Ayahnya pasti menepati janjinya. Benar saja, sehari sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran, ayahnya sudah mengiriminya sejumlah uang untuk melunasi semua tunggakannya.

Saat berada dalam penjara, akan menjadi hal yang wajar apabila Paulus mulai meragukan janji penyertaan Tuhan dalam hidupnya. Namun, keraguan tidak bisa menguasai Paulus. Sebaliknya, ia berhasil menaklukkannya. Dalam suratnya kepada Timotius sangat jelas tertulis mengapa ia tetap berpegang pada imannya. Sebab Paulus mengenal Tuhan yang ia percaya dan ia yakin bahwa Tuhan berkuasa memelihara imannya itu. Saat ini kita pun mengenal Paulus sebagai salah satu pahlawan iman yang membawa banyak bangsa kepada pertobatan.

Setiap orang pasti pernah ragu dalam hidupnya. Ada yang ragu usahanya belum tentu bisa sukses. Ada yang ragu tidak bisa membayar uang kuliah. Ada yang ragu rumah tangganya tidak bisa dipulihkan dan memilih untuk bercerai, dan masih banyak keraguan-keraguan lainnya. Jenny mengenal siapa Ayahnya, sehingga ia tidak pernah ragu akan kebutuhannya. Paulus pun sangat mengenal Tuhannya, sehingga ia tidak pernah ragu akan imannya. Bagaimana dengan kita? Masih adakah keraguan yang menguasai hidup kita? Segera cek sudah sampai mana pengenalan kita akan Tuhan. Bila masih belum cukup mengenal siapa Tuhan itu, segeralah minta ampun dan berjuanglah untuk lebih lagi mengenal-Nya. Saat kita sudah kenal betul siapa Tuhan kita, saat itu juga musuh iman bernama keraguan akan hancur dan kita pun akan mengalami ledakan iman yang dahsyat.

RENUNGAN
Keraguan TIDAK MUNGKIN MUNCUL kalau kita KENAL BETUL siapa Tuhan kita.

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda sedang ragu terhadap sesuatu hal? Sebutkan keraguan Anda itu!
2. Sejauh mana Anda mengenal Tuhan, apakah Anda percaya akan semua janji-janji-Nya?
3. Apa komitmen Anda agar tidak dikuasai lagi oleh keraguan yang bisa membunuh iman Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk janji-janji-Mu dalam hidup kami. Ampuni kami yang sering ragu akan Engkau. Kami mohon, mampukan kami untuk mengenal-Mu lebih lagi, sehingga kami bisa menaklukkan keraguan yang sering menyerang kami dan kami bisa mengalami ledakan iman dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”