Menghargai Dan Dihargai Dalam Keluarga

RHEMA HARI INI
Filipi 2:1   “Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,”

Keluarga Bapak Santoso dikenal warga sekitar sangat damai dan terlihat sangat bahagia. Jarang terlihat mereka bertengkar atau berteriak-teriak. Suatu kali dari pihak kelurahan mengadakan penilaian keluarga sejahtera. Setiap RT harus menunjuk satu keluarga untuk diajukan dalam penilaian tersebut. Penilaian ini diadakan diam-diam. Dan tidak disangka keluarga Bapak Santoso mendapat nilai tertinggi. Keluarga Bapak Santoso merasa kaget dengan hal ini. Namun ketika dijelaskan mereka mengerti. Dari pihak panitia berkata, “Selamat Pak, keluarga Bapak dinilai sebagai keluarga yang damai sejahtera, kalau boleh tahu apa ya pak tips atau kunci menjadi seperti ini?” Dengan tersenyum agak malu bersama anak dan istrinya, Bapak Santoso menjelaskan. “Kuncinya cukup sederhana yaitu saling menghargai dan dihargai.” Mereka menjelaskan, misalkan saat melihat TV bersama, anak-anak takut melihat film horor, maka mereka tidak akan melihat acara itu. Pak Santoso yang tidak suka melihat rumah kotor maka mereka berusaha terus menjaga kebersihan. Lalu istri yang kadang lupa mematikan kompor sehingga masakan sedikit gosong, mereka tidak langsung marah namun mereka tetap makan sembari berkata secara halus bahwa lain kali jangan seperti itu. Inilah salah satu contoh atau langkah keluarga ini menjadi damai sejatera.

Manusia adalah mahluk sosial yang memiliki naluri ingin dihargai oleh orang lain. Ketika kita bisa menunjukkan penghargaan kita kepada anggota keluarga kita, apakah itu suami/istri/orang tua/anak kita, maka pasti mereka akan menjadi pribadi-pribadi yang lebih berbahagia sehingga sangat mendukung dalam membangun sebuah keluarga yang bahagia. Jangan hanya selalu ingin dihargai. Mulailah dengan menghargai orang lain terlebih dahulu, maka kita akan mendapati diri kita akan juga dihargai.

RENUNGAN
Setiap kali kita melihat ada KELUARGA BAHAGIA, maka kita akan selalu menemukan SUAMI YANG DIHARGAI, ISTRI YANG BERHARGA bagi suaminya, orang tua dan anak yang merasa dihargai.

APLIKASI
1. Adakah saling menghargai dan dihargai dalam keluarga Anda, perhatikan ?

2. Maukan Anda berkomitmen untuk saling menghargai dan dihargai, Tanya hati Anda kembali ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami bersyukur Engkau mengajarkan kami untuk saling menghargai, kami mau belajar praktekkan hal itu Bapa. Amin.