MENGOBARKAN KEMBALI API DI MEZBAH YANG MULAI MEREDUP

RHEMA HARI INI

Yosua 24:15 Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”

Pak Daud dikenal oleh teman-temannya sebagai seorang family man, yaitu seorang yang sangat dekat dan memperhatikan keluarganya. Meskipun Pak Daud dan isterinya sama-sama mengelola sebuah pabrik, tetapi mereka berdua selalu mengutamakan Tuhan dalam segala sesuatu. Setiap pagi, Pak Daud dan isteri bersaat teduh bersama dan hampir setiap hari mengadakan mezbah keluarga bersama ketiga anak mereka. Pak Daud juga sangat mendukung anak-anaknya dalam pelayanan. Ia komitmen mengantar jemput si bungsu untuk berlatih musik dan bertugas dalam ibadah raya anak, meskipun untuk itu ia harus rela meluangkan waktu karena jarak rumah mereka cukup jauh dari gereja.

Kecintaan pada Tuhan yang ditanamkan Pak Daud dan isteri sejak anak-anak mereka masih sangat muda, membuahkan hasil yang manis. Ketiganya tumbuh sebagai anak-anak yang baik dan takut akan Tuhan. Ketika si sulung harus melanjutkan pendidikan di luar kota, Pak Daud senantiasa mengingatkan anaknya untuk tetap beribadah dan bersaat teduh pribadi. Bahkan jika kondisi memungkinkan, Pak Daud akan mengajak si sulung bermezbah doa bersama keluarga melalui panggilan video. Hal ini membuat si sulung tetap merasa dekat walaupun tinggal berjauhan. Ada tudung rohani yang melindungi dan menjaga api rohnya tetap menyala meskipun sedang jauh dari keluarga.

Seorang imam akan selalu memantau kondisi iman keluarganya. Ia akan memastikan semua anggota keluarganya kuat di dalam Tuhan dan tetap beribadah kepada Tuhan. Seorang imam tidak akan diam saja saat mendapati api di mezbah mulai meredup. Jika ia melihat api itu nyaris padam, maka imam harus mencari cara untuk segera mengobarkannya kembali. Terlebih sebagai orangtua anak-anak dijaman milenial seperti sekarang ini, seorang ayah harus peka terhadap kondisi iman anak-anaknya. Dengan memperhatikan pergaulan dan memberikan cukup waktu bagi keluarga, maka imam keluarga akan segera tahu bilamana ia harus bertidak untuk menjaga api roh tetap menyala dalam keluarganya. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN

Seorang imam TIDAK AKAN DIAM saja saat mendapati API di MEZBAH mulai MEREDUP.

APLIKASI

1. Apa yang harus dilakukan seorang imam jika ia mendapati api di mezbah mulai meredup?
2. Menurut Anda, apa saja tanda bahwa api roh mulai meredup dalam keluarga Anda?
3. Jika Anda adalah seorang imam keluarga, apa yang akan Anda lakukan untuk mengobarkan kembali api yang mulai meredup?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami mengucap syukur atas keluarga yang Kau percayakan pada kami. Mampukan kami Bapa, untuk menjadi seorang imam yang baik bagi keluarga kami. Beri kami kepekaan untuk mengetahui bilamana api roh mulai meredup, dan hikmat untuk kami bisa mengobarkannya kembali. Terimakasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!