Mengokohkan Iman Melalui Pondok Daud

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 72-73
Roma 9:1-15

BACAAN HARI INI

2 Samuel 6:9-17

RHEMA HARI INI

2 Samuel 6:12 Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: “TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu.” Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita.

Keberadaan Tabut Allah yang merupakan simbol kehadiran Allah sangatlah penting bagi bangsa Israel. Saat bangsa Israel membawa Tabut Allah dalam peperangan, mereka mengalami kemenangan dan banyak mujizat terjadi. Namun kehadiran Tabut Allah yang membawa hadirat Tuhan, membuat bangsa Filistin yang menyembah berhala harus menerima hajaran keras dari Tuhan ketika mereka merampas Tabut Allah dari tangan bangsa Israel.

Begitu pun saat Tabut Allah ada di tempat Abinadab, mereka menganggap tidak ada yang istimewa dengan Tabut Allah, dan memandangnya sebagai hal yang biasa seperti benda- benda lainnya. Sehingga selama Tabut Allah ada pada mereka, tidak terjadi apa-apa atas keluarga mereka. Bahkan Uza anak Abinadab membuat murka Allah dengan menjamah Tabut Allah dengan sembarangan dan Uza mati karenanya. Berbeda dengan Obed Edom. Baru 3 bulan Tabut Allah di rumahnya, Tuhan memberkati seisi rumah Obed Edom dan segala yang ada padanya. Dari Obed Edom yang begitu menghormati hadirat Tuhan, berkat turun hingga anak cucunya (1 Taw. 26:4-8). Mereka memegang pemerintahan dan memegang wilayah kekuasaan yang besar.

Tahun ini gereja kita mendapat mandat secara khusus untuk membebaskan bangsa kita dari segala bentuk kegelapan. Untuk mengambil alih kota demi kota, kita perlu hati dan iman yang kokoh. Sebab para penguasa kegelapan tidak akan begitu saja dengan mudah menyerahkan wilayah kekuasaannya. Sedangkan dalam peperangan rohani, ada kalanya kelelahan, ketakutan, dan keraguan melemahkan iman kita. Kunci untuk menguatkan hati kita kembali adalah banyak-banyak berdoa dan banyak-banyak menantikan Tuhan. Seperti Obed Edom yang senantiasa rindu akan hadirat Allah, banyak-banyaklah mengikuti pondok Daud. Di sana ada Tuhan yang bersemayam, yang hadirat-Nya memberi kita kekuatan, kesembuhan, dan kemenangan. Dari Dialah kita akan menerima iman untuk berkuasa yang memampukan kita untuk mengambil alih Tanah Perjanjian. (PF)

RENUNGAN

Banyak-banyaklah MENGIKUTI PONDOK DAUD, maka kita akan terima KEKUATAN, KESEMBUHAN, dan KEMENANGAN.

APLIKASI

1. Sudah siapkah Anda menerima mandat dari Tuhan untuk membebaskan bangsa kita? Mengapa demikian?
2. Apa yang membuat hati dan iman Anda melemah? Bagaimana cara Anda menguatkan kembali iman Anda?
3. Seberapa sering Anda ke pondok Daud? Apa yang Anda dapatkan di sana?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami bersyukur dengan kehadiran pondok Daud di tengah-tengah kami. Saat kami lemah dan tak berdaya, kehadiran-Mu memberikan kekuatan baru kepada kami. Dan kami percaya kemenangan telah Kau sediakan bagi kami selama kami memiliki hati dan iman yang kokoh dalam menjalankan mandat dari-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”