Mengubah 2 Talenta Menjadi Luar Biasa

RHEMA HARI INI
Matius 25:22 “Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta”

Seorang laki-laki pengangguran melamar posisi sebagai ‘office boy’ di Microsoft. Manajer SDM mewawancarainya, kemudian melihatnya untuk membersihkan lantai sebagai ujian. ‘Anda bekerja “katanya. “Berikan alamat e-mail Anda dan saya akan mengirimkan aplikasi untuk diisi, juga tanggal ketika Anda dapat mulai bekerja.” Pria itu menjawab, “Tapi saya tidak punya komputer, bahkan email ‘. “Maafkan aku”, kata manajer HR. Jika Anda tidak memiliki email, itu berarti Anda tidak ada. Dan siapa yang tidak ada, tidak dapat memiliki pekerjaan. “ Orang itu tanpa harapan sama sekali. Dia tidak tahu apa yang harus dilakukan, dengan hanya memiliki uang $ 10 di saku. Ia kemudian memutuskan untuk pergi ke supermarket dan membeli 10kg peti tomat. Dia kemudian menjual secara keliling tomat itu dari rumah ke rumah. Dalam waktu kurang dari dua jam, dia berhasil melipatgandakan modalnya. Dia mengulangi penjualannya secara keliling tiga kali, dan pulang dengan uang $ 60. Lelaki itu menyadari bahwa ia bisa bertahan hidup dengan berjualan tomat, dan dia mulai untuk pergi berjualan tomat sehari-hari dan sering pulang larut malam mendagangkan jualannya hari demi hari uang keuntungan yg didapat dua kali lipat atau tiga kali lipat dalam penjualannya sehari-hari. Tak lama, ia membeli mobil, lalu truk, dan kemudian ia mempunyai armada kendaraan pengiriman sendiri. 5 tahun kemudian, orang itu menjadi salah satu pengusaha food retailer terbesar di Amerika Serikat.

Dalam kisah di atas, terdapat seorang yang biasa saja yang hanya bisa berjualan tomat namun ketika dia berjuang sedemikian rupa maka dia menjadi luar biasa. 2 talenta berbicara tentang orang rata-rata jadi jumlah orang yang memiliki 2 talenta ini sangat banyak jumlahnya. Dalam mengembangkan talenta kita tidak perlu berfokus kepada berapa hasil yang akan kita peroleh. Dalam perumpamaan ini, Tuhan tidak memuji hamba berdasarkan berapa jumlah hasil perolehan laba hamba-hamba tersebut, melainkan Tuhan memuji sikap hamba tersebut yang baik dan setia melakukan apa yang Tuhan ingin lakukan. Tuhan tidak minta banyak, Tuhan hanya ingin kita mengembangkan talenta yang Tuhan telah berikan kepada kita. Soal hasilnya bagaimana, yang penting kita sudah berusaha dan sudah setia dengan apa yang ada bagi kita. Ketika kita sudah setia mengembangkan talenta yang Tuhan berikan, di situ Tuhan akan menambahkan tanggung jawab yang lebih besar lagi kepada kita.Dalam Alkitab yang ada di posisi 2 talenta, yang satu bisa naik level dari 2 menjadi 4 talenta; sedangkan yang satunya lagi stagnasi dari 2 talenta tetap 2 talenta, bahkan akhirnya mundur menjadi 1 talenta. Apakah kita bisa naik dari rata-rata menjadi di atas rata-rata. Ini pertanyaan yang penting sekali sebab ini akan menentukan apakah kita berhenti di level 2 talenta ini atau kita bisa naik ke level berikutnya dalam rencana Tuhan atas hidup kita. Kita bisa saja mengawali dengan 2 talenta tetapi kita harus berjuang sedemikian rupa sehingga kita bisa berkembang dari rata-rata menjadi luar biasa. (ABU)

RENUNGAN
Kita bisa saja MENGAWALI dengan 2 talenta. Tetapi kita harus BERJUANG sedemikian rupa sehingga kita bisa berkembang dari rata-rata menjadi LUAR BIASA!

APLIKASI
1. Berapa talenta yang Anda miliki saat ini ?

2. Uji hati Anda, apakah Anda mau terus mengembangkan setiap talenta Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa dalam nama Yesus, ajar kami untuk mengembangkan talenta yang ada dalam diri kami sehingga kami menjadi luar biasa. Amin.