Mengubah Perkataan Negatif Menjadi Positif

think positiveRHEMA HARI INI
Yesaya 43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Wanita ini bernama Marni dan hanyalah seorang pembantu rumah tangga, namun melalui kehidupannya, dia bisa memberkati orang-orang terpelajar. Pada saat Marni bermain ketika kecil, mata Marni terlempar serpihan genteng. Marni kesakitan waktu itu, dan ketika Marni menutup dengan tangan, ada darah di tangan Marni. Dari hari ke hari, penglihatan Marni semakin berkurang. Dan dalam waktu beberapa bulan, mata kanan Marni sudah tidak bisa melihat lagi. Tetapi Marni tidak pernah menyadarinya, sampai teman-teman Marni mulai mengejek Marni di kelas 3 SD waktu itu. Sampai akhirnya Marni bertemu dengan seorang ibu yang mengajaknya bekerja di sebuah rumah tangga. Inilah rumah keluarga Agus Sugianto, tempat dimana Marni mengalami titik balik kehidupannya. Kata Marni, “Waktu itu bapak Agus dan bu Mala mengajarkan saya untuk membaca firman, mengajak untuk berdoa, dan berdoa bersama. Dan sewaktu saya pertama kali membaca Alkitab, saya membaca ‘Oleh karena kamu berharga dimataKu, dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau.’ Sewaktu firman itu saya baca, hati saya merasa tersentuh. Saya mengganti kata kamu dengan nama saya pada ayat itu. ‘Oleh karena Marni berharga di mata Tuhan, dan mulia, dan Tuhan mengasihi Marni.’ Saya akhirnya menerima diri saya apa adanya. Walaupun diri saya dalam kekurangan, dan diri saya cacat, tetapi saya menerima diri saya.” Apa yang menjadi kekurangan dalam diri Marni, kini menjadi sebuah kelebihan. Memimpin dan membina sebuah komunitas, kini menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh Marni. Inilah rahasia perubahan hidup Marni. “Jadi saya berharga bukan karena apa kata orang, tetapi saya berharga karena apa kata Tuhan. Ketika saya sekarang sudah kenal Tuhan, saya percaya sama Tuhan, dan saya diubahkan. Saya melihat bahwa Tuhan bisa memakai orang yang tidak sempurna. Orang cacatpun bisa dipakai oleh Tuhan. Yang terpenting, ada kerinduan, ada kemauan dan hatinya mau dipakai oleh Tuhan.”

Kadang-kadang orang jatuh bukan karena masalahnya, tapi karena kata-kata intimidasi orang lain yang dibesar-besarkan sehingga hati kita menjadi takut dan khawatir, hal itulah yang sering membuat orang hancur. Dalam kisah di atas hidup Marni sempat hancur karena kata-kata negatif dari teman-temannya yang sering mengejek dia. Namun hidup Marni berubah ketika dia lebih percaya kepada Firman Tuhan dibandingkan kata-kata negatif orang lain. Jadi perkataan yang menjatuhkan itu ada 2 sisi: kalau yang dikata-katai imannya lemah, maka orang tersebut akan jatuh. Tapi kalau yang dikata-katai memilih untuk menolak perkataan negatif tersebut dan percaya pada Firman Tuhan, maka perkataan yang menjatuhkan itu akan nberbalik seperti bumerang kepada orang yang melontarkannya, sehingga bukannya orang lain yang jatuh, tapi dia sendiri yang jatuh. Jadi ketika ada perkataan negatif yang menjatuhkan, jangan mau percaya. Pilihlah untuk percaya pada Firman Tuhan dan katakan dengan iman. (ABU)

RENUNGAN
Waspada! Perkataan negative adalah INTIMIDASI yang bisa meruntuhkan iman kita. Kita harus membalikkannya menjadi PERKATAAN POSITIF!

APLIKASI
1. Selama ini perkataan apa yang menbuat anda jatuh ?

2. Apa yang akan anda lakukan ketika menerima perkataan tersebut ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik ajar kami untuk lebih mempercayai Firman Tuhan daripada kata-kata negatif orang lain sehingga kami membalikkan perkataan negatif menjadi perkataan positif dan mengalami hal yang positif ketika kami percaya pada Firman Tuhan. Amin