Mengucap Syukur Di Tengah Proses Penggenapan

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 05 November 2016

BACAAN HARI INI

Filipi 4:2-9

RHEMA HARI INI

Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Berbahan dasar ketan, mochi adalah hidangan yang kenyal, manis dan menggugah selera makan. Di dalam kelezatan mochi ini ternyata ada proses panjang yang harus dilalui. Cara pembuatan tradisionalnya pun unik. Mula-mula beras ketan dikukus hingga matang. Sesudah matang, ditaruh di dalam wadah yang besar dan terbuat dari kayu. Kemudian beras ketan dipukul-pukul menggunakan palu besar yang terbuat dari kayu. Setelah lama dipukul hingga menjadi suatu adonan yang lembut, mochi akan diisi dengan gula dan kacang, kemudian disalut dengan wijen atau tepung maizena yang telah disangrai. Akhirnya, mochi pun siap untuk disantap.

Hidup adalah sebuah proses yang panjang sampai mencapai garis finish. Untuk meraih cita-cita, harapan, dan impian perlu adanya perjuangan. Tak jarang ada jalan terjal, halangan, dan rintangan yang menghadang. Bagi Anda yang sedang berada dalam masalah, pergumulan, dan tantangan hidup, Anda perlu bersabar. Ketika Anda mengalami kegagalan, jangan terlalu cepat merasa kecewa, putus asa, dan bahkan tak mau mencoba lagi. Bagi Tuhan selalu ada kesempatan yang kedua. Begitu juga harapan dalam hidup ini. Walaupun di setiap usaha tak jarang banyak manusia jatuh ke dalam kegagalan, tetapi Allah kita sanggup membuat kegagalan menjadi keberhasilan. Tak hanya itu saja, selalu ada mujizat dan keajaiban yang tak terduga. Sungguh luar biasa, bukan? Apa pun masalah yang Saudara hadapi, Tuhanlah sumber pengharapan Anda. Jangan pernah jemu-jemu berdoa. Datang dan hampirilah Tuhan. Kalau jawaban itu belum tiba berarti masih ada yang Tuhan ingin perbuat dalam kehidupan Anda. Ingatlah bahwa proses yang panjang menghasilkan kualitas yang sempurna. Sebab tangan Tuhan sedang merenda perbuatan-Nya yang agung dan mulia. Saatnya akan tiba nanti ketika Anda melihat pelangi kasih-Nya.

RENUNGAN

Sementara kita berada di tengah PROSES PENGGENAPAN rencana Allah, belajarlah untuk MENGUCAP SYUKUR

APLIKASI

  1. Bagaimanakah sikap Anda selama ini di tengah proses penggenapan rencana Allah?
  2. Menurut Anda, apakah janji Tuhan akan tergenapi dalam hidup Anda? Kenapa?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat mulai belajar mengucap syukur di tengah proses hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, tiada yang lain seperti Bapa yang begitu mengasihi kami. Hanya Engkaulah Bapa sumber kekuatan kami. Semua pengharapan kami hanya kami taruh dalam tangan Bapa. Kami percaya bahwa janji-Mu selalu tergenapi dalam hidup kami. Kami percaya pelangi kasih-Mu menghiasi hidup kami dan selalu menjadi indah. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-hakim 8-9