26 November 2015: Mengucap Syukur = Menghormati Tuhan

BACAAN HARI INI

Mazmur 118:1-29

RHEMA HARI INI

Mazmur 118:19 Bukakanlah aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada TUHAN.

Begitu memasuki mobil mewahnya, seorang direktur bertanya pada sopir pribadinya, “Bagaimana kira-kira cuaca hari ini?” Si sopir menjawab, “Cuaca hari ini adalah cuaca yang saya sukai.” Merasa penasaran dengan jawaban tersebut, direktur ini bertanya lagi, “Bagaimana kamu bisa begitu yakin?” Supirnya menjawab, “Begini, pak, saya sudah belajar bahwa saya tak selalu mendapatkan apa yang saya sukai, karena itu saya selalu menyukai apapun yang saya dapatkan.” Jawaban singkat tadi merupakan wujud perasaan syukur. Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tenteram, dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita. Kita akan selalu merasa kurang dan tak bahagia.

Ada dua hal yang sering membuat kita tak bersyukur. Pertama, kita sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki. Katakanlah Anda sudah memiliki sebuah rumah, kendaraan, pekerjaan tetap, dan pasangan yang baik. Tapi Anda masih merasa kurang. Pikiran Anda dipenuhi berbagai target dan keinginan. Anda begitu terobsesi oleh rumah yang besar dan indah, mobil mewah, serta pekerjaan yang mendatangkan lebih banyak uang. Kita ingin ini dan itu. Bila tak mendapatkannya kita terus memikirkannya. Tapi anehnya, walaupun sudah mendapatkannya, kita hanya menikmati kesenangan sesaat. Kita tetap tak puas, kita ingin yang lebih lagi. Jadi, betapapun banyaknya harta yang kita miliki kita tak pernah menjadi kaya dalam arti yang sesungguhnya.

Sadarkah Anda bahwa ketika kita tidak bisa mengucap syukur atas segala sesuatu yang sudah Tuhan berikan dalam hidup kita, itu sama saja artinya dengan kita tidak menghormati Tuhan. Namun ketika kita mengucap syukur atas apapun yang Tuhan berikan dalam hidup kita, baik itu hal-hal yang menyenangkan ataupun pergumulan/tantangan yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita, maka itulah tanda kita menghormati serta menghargai apapun yang Tuhan berikan. Dan ketika kita menghormati Tuhan, maka pasti Tuhan akan mencurahkan anugerah serta kasih karunia-Nya berlimpah dalam hidup kita.

RENUNGAN

Hormatilah Tuhan dengan MENGUCAP SYUKUR SENANTIASA untuk apa saja yang Tuhan berikan atau ijinkan terjadi dalam hidup kita.

APLIKASI

Ucapan syukur atas apa saja yang akan Anda naikkan hari ini sebagai wujud penghormatan Anda kepada Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI

Engkau mulia ya Tuhan, dan tidak ada rancangan-MU yang buruk atas hidup kami. Kami percaya bahwa Engkau turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kami. Oleh sebab itu kami bersyukur untuk apapun yang Engkau ijinkan terjadi dan berikan dalam hidup kami saat ini. Terimakasih Tuhan. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Samuel 25-27