Mengucapkan Perkataan Baik

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 22 April 2016

BACAAN HARI INI

Amsal 18:1-24

RHEMA HARI INI

Amsal 18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

Suatu kali ada seorang anak kecil yang datang kepada penjual permen dan berkata. “Aku mau minta permen itu, berikan satu kepadaku.” Sang penjual permen ini hanya tersenyum karena ia tahu bahwa anak ini sering berkata yang tidak baik kepada orang lain. Penjual permen ini berkata, “Setiap kali kamu berkata baik, aku akan memberikan satu permen kepadamu.”

Anak ini pun dengan segenap kekuatannya berjuang untuk bisa berkata baik setiap waktu. Pernah suatu hari ia tidak mendapat permen karena perkataannya yang terus ketus serta kasar kepada orang lain. Tetapi keesokan harinya, ia kembali berjuang untuk bisa berkata baik. Setiap kali ia bisa berkata baik, sang penjual permen memberikan satu permen kepadanya.

Dari hal sepele ini, kehidupan anak itu diubahkan. Dari yang awalnya hanya ingin mendapat permen, kini anak itu berubah total menjadi anak yang suka berbicara baik. Semua orang disekitarnya dibuat terheran-heran karena perubahan anak ini. Mengucapkan perkataan baik terus menjadi gaya hidupnya hingga ia bertumbuh menjadi dewasa dan mengalami sukses dalam hidupnya.

Penulis Amsal berkata bahwa hidup dan mati dikuasai oleh lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. Ini menandakan bahwa apa yang kita ucapkan, atau perkataan yang keluar dari mulut kita itu sangat berdampak. Karena perkataan kita itu sangat penting, maka kita perlu memastikan bahwa apa yang kita ucapkan itu sesuai dengan apa yang Tuhan katakan melalui firmanNya. Memperkatakan firman Tuhan adalah cara yang paling tepat untuk membangun diri kita maupun orang lain.

Itulah sebabnya, kita harus terus menjaga perkataan kita, sebab perkataan kita sangat menentukan masa depan kita. Mari jadikan kebiasaan mengucapkan perkataan baik menjadi suatu gaya hidup dalam hidup kita sehingga dari dari ke hari doa kita makin berkuasa dan hidup kita diubahkan seturut gambar-Nya.

RENUNGAN

Jadikan mengucapkan perkataan baik menjadi GAYA HIDUP kita, sebab hidup kita DITENTUKAN oleh perkataan kita.

APLIKASI

  1. Bagaimana Anda akan membangun kebiasaan mengucapkan perkataan baik dalam hidup Anda sehari-hari?
  2. Berdoa dengan perkataan baik yang seperti apa yang akan Anda lakukan dalam doa-doa Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami sungguh bersyukur, dari hari ke hari Engkau terus bimbing kami untuk senantiasa makin serupa denganMu. Menjaga perkataan kami dan terus mengucapkan perkataan baik akan kami jadikan gaya hidup kami sehingga dari dalam hidup kami terpancar kemuliaanMu. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Daniel 1-3