MENINGGALKAN ZONA NYAMAN UNTUK LOMPATAN BESAR

RHEMA HARI INI

Efesus 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

Pernahkah Anda membayangkan hidup tanpa internet, gadget atau handphone seperti saat ini? Pada tahun 2005, warga negara Kanada yang bernama Blair McMilan bersama istrinya, Morgan Patey serta kedua anaknya mencoba untuk hidup kembali seperti di tahun 1980-an, masa dimana teknologi internet dan telekomunikasi belum berkembang pesat seperti saat ini. Mereka merasa era 1980-an adalah masa yang nyaman dan indah sehingga mereka memutuskan untuk mencoba hidup layaknya era tahun 80-an, yaitu hidup tanpa internet, gadget, handphone dan semua hal yang berhubungan dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. Mereka menggunakan telepon rumah dengan kabel sebagai alat komunikasi, berkirim surat lewat pos untuk menggantikan email, kembali memakai mesin ketik bahkan model busana serta rambut mereka pun bergaya ala 1980-an.

Hal ini tentu membuat keluarga McMilan terlihat aneh. Ada yang memuji tapi banyak juga yang mengkritiknya. Para ahli berpendapat bahwa dengan menolak kemajuan teknologi justru akan membuat keluarga McMilan terutama anak-anaknya menjadi terbelakang, minder dan tak bisa berkembang. McMilan juga pasti kerepotan karena adanya keterbatasan dalam hal komunikasi dan informasi. Setelah satu tahun melakukan gaya hidup nyentrik ini, keluarga McMilan mulai melakukan transisi dan kembali hidup normal seperti saat ini.

Cerita unik diatas menunjukkan kecenderungan sebagian dari kita yang menikmati zona nyaman dan menolak perubahan. Padahal hanya orang yang mau membuka diri, mau belajar dan mau berubahlah yang akan mendapat hikmat. Dan orang yang mendapat hikmat, akan mendapat kekuatan, sehingga mereka akan mengalami Lompatan Besar. Seperti kesaksian dari jemaat Keluarga Allah yang mengalami lompatan besar justru saat pandemi Covid-19. Saat yang lain bangkrut, mereka justru melompat makin tinggi. Ini semua karena campur tangan Tuhan melalui kemajuan teknologi. Ada yang mengalami lompatan finansial dengan berjualan masker, makanan, sampai bisnis besar secara online. Bahkan pertumbuhan rohani pun terbukti berkembang pesat dengan bantuan internet. Seperti gereja kita yang mampu menjangkau jiwa-jiwa baru melalui Gereja Internet. Saat terjadi pembatasan, gereja kita justru mengalami perluasan! Karena itu, jangan bersikap kaku. Segeralah keluar dari zona nyaman Anda. Dengan tuntunan Roh Kudus, bukalah diri terhadap hal-hal baru dan dapatkan hikmat dari Tuhan untuk mengalami lompatan besar yang akan mengubah kondisi finansial Anda. Amin.

RENUNGAN

KENYAMANAN adalah MUSUH TERBESAR hikmat.

APLIKASI

1. Apakah hal yang membuat Anda merasa nyaman saat ini? Jika ada, apakah itu? Beranikah Anda meninggalkan zona nyaman tersebut?
2. Percayakah Anda bahwa banyak sekali peluang dan kesempatan yang terbuka di balik kemajuan dan perubahan jaman seperti saat ini?
3. Apa komitmen Anda agar berani meninggalkan zona nyaman untuk memperoleh hikmat melalui hal-hal yang baru?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, betapa kami bersyukur bahwa Engkau memberikan kesempatan hidup bagi kami sehingga kami dapat merasakan kemajuan jaman saat ini. Ya Tuhan, berilah kami hikmat untuk membuka diri terhadap hal-hal baru diluar diri kami. Bentuk kami agar berani meninggalkan zona nyaman dan mau berubah agar siap mengalami lompatan besar secara finansial. Dan biarlah berkat yang kami terima dariMu dapat kami persembahkan bagi perluasan kerajaanMu di bumi. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Haleluya, Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!