Menjadi Pelaku Firman

Renungan Keluarga Allah
Senin, 06 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Yakobus 1:22-25

RHEMA HARI INI

Yakobus 1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja

Saat divonis menderita Leukemia, Ira yang baru berusia 24 tahun langsung dihinggapi bayang-bayang kematian. Untung saja ia memiliki keluarga dan teman-teman yang selalu mendukung dan mendoakannya. Ira pun memutuskan untuk terus memperjuangkan hidupnya. Alih-alih berputus asa dan kecewa kepada Tuhan atas nasibnya, ia memperhatikan kata-kata dokter dan mempercayai janji Tuhan atas hidupnya. Ia meyakini, seperti perkataan firman yang terselip dalam doa-doa orangtuanya dan juga yang lainnya, bahwa oleh bilur-bilur Tuhan Yesus ia sudah sembuh. Meski kenyataannya semakin hari ia semakin lemah, Ira tidak menyerah. Ketika hari-harinya semakin dipenuhi dengan opname dan kemoterapi, ia tetap optimis bahwa penyakitnya dapat dan sudah dikalahkan oleh kuasa Tuhan. Seiring waktu, semakin banyak firman Tuhan yang diketahuinya. Ia pun mendalami dan memperkatakannya setiap ada kesempatan. Bukan hanya itu, rhema yang didapatkannya juga ia praktikkan. Tanpa disadarinya, mujizat Tuhan mulai terjadi. Perlahan kondisi tubuhnya semakin membaik. Dua tahun kemudian, dokter menyatakan bahwa Ira sudah sembuh dan tidak perlu lagi minum obat-obatan.

Perjuangan tak semudah perkataan, bertindak tidak segampang menasihati. Ahli pengobatan mempunyai beribu-ribu teori, tetapi hanya pasien yang bertindak sesuai anjuran dokter yang memperoleh kesembuhan. Tidak cukup mengiyakan dan mempercayai, tetapi mempraktikkan nasihat medis. Sama halnya dengan firman Tuhan yang sudah diberitakan sejak lama. Jangan sampai kita menjadi seperti ahli Taurat, orang-orang Farisi dan Saduki yang hanya mendengar dan menghafal isi kitab Taurat, tetapi mereka tidak mendapat bagian dalam perkenanan Allah. Tuhan menghendaki kita bukan hanya mendengar firman-Nya, tetapi melakukan apa yang diperintahkan-Nya. Ketika kita menunjukkan kesungguhan kita untuk mau mengubah diri dan keadaan kita, tentu Tuhan tidak akan diam saja. Dengan kasih setia-Nya, Tuhan akan mencurahkan favor-Nya, sehingga kita pun dapat mengalami transformasi dalam kesehatan dan juga segala bidang kehidupan kita. Amin.

RENUNGAN

Untuk dapat MENGALAMI TRANSFORMASI, kita harus MENJADI PELAKU FIRMAN, bukan sekedar pendengar

APLIKASI

  1. Adakah hal menyangkut kesehatan atau bidang lainnya yang ingin Anda ubah dalam hidup Anda? Mengapa Anda ingin mengubahnya?
  2. Mengapa kita harus menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mulai menjadi pelaku firman?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami tidak mau lagi menjadi sekedar pendengar setia. Kami juga ingin mempraktikkan apa yang Engkau perintahkan. Tuntunlah kami agar kami dapat menjadi pelaku firman yang setia. Biarlah transformasi yang kami alami dapat membawakan kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yesaya 64-66