Menjadi Sahabat Roh Kudus

RHEMA HARI INI
Yakobus 2:23 “Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu Abraham disebut: “Sahabat Allah.”

Ada seorang hamba Tuhan bernama Pak Sofyan. Di awal pelayanannya, ada seorang ibu datang ke gereja dimana Pak Sofyan melayani dengan membawa anaknya berumur 5 tahun yang tidak bisa berjalan. Ibu itu tidak percaya adanya Tuhan (atheis) tapi ia datang ke gereja agar anaknya bisa disembuhkan. Minggu pertama anaknya didoakan oleh jemaat tapi tidak terjadi apa-apa. Lalu Pak Sofyan menguatkan ibu itu agar tetap percaya. Minggu kedua, ibu itu datang lagi. Anaknya didoakan tapi masih tidak terjadi apa-apa. Minggu ketiga, didoakan lagi tapi tetap tidak terjadi apa-apa. Lalu Pak Sofyan seperti mulai frustasi. Ia pun menantang Tuhan, “Tuhan, kalau betul Engkau panggil aku untuk melayani-MU, perlengkapi aku dengan kuasa-MU!” Dan pada Minggu keempat, anak itu datang ke gereja dengan berlari! Saat Pak Sofyan melihat mujizat terjadi, ia mulai merasakan bahwa Tuhan menyatakan kuasa-Nya dalam pelayanannya. Minggu kelima anak itu datang bersama keluarga besarnya dan mereka memberikan hidupnya kepada Tuhan.

Dalam kisah diatas Pak Sofyan telah menjadi sahabat Roh Kudus sehingga bisa bercakap-cakap dengan Tuhan seperti dengan manusia. Kita harus ingat bahwa bukan hanya hari Minggu harinya Tuhan, tapi Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu – semua adalah harinya Tuhan. Kita harus ingat bahwa bukan sekedar digereja kita berdoa, memuji, menyembah, merenungkan Firman, tapi dimanapun dan kapanpun kita berada, kita terus berkomunikasi dengan Tuhan dan tinggal dalam hadirat Tuhan. Itulah caranya agar kita bisa menjadi Roh Kudus. Salah satu ciri orang yang kepenuhan Roh kudus, hidupnya adalah penuh hikmat. Sebagai orang yang penuh Roh Kudus pasti akan dibimbing dan diatur oleh Tuhan. Sangatlah bijaksana saat kita menyadari bahwa dalam diri kita sudah diberi Roh Kudus dari semula sebagai penolong dan penghibur kita. Sangatlah bijaksana saat kita belajar memberi diri dipimpin Roh Kudus, dan sangatlah penting untuk selalu kita mengingat bahwa dalam keadaan apapun Roh Kudus setia menolong kita. Mari andalkan Roh Kudus, maka Ia akan memuaskan hati yang kosong dan hampa. Mari andalkan Roh Kudus maka Ia akan menghibur hati sedih dan menguatkan hati lemah. Jangan pisahkan kehidupan rohani dengan kehidupan sehari-hari, jika kita ingin menjadi SAHABAT ROH KUDUS. (ABU)

RENUNGAN
Jangan pisahkan kehidupan rohani dengan kehidupan sehari-hari, kalau kita ingin menjadi SAHABAT ROH KUDUS.

APLIKASI
1. Apakah anda tergolong orang yang suka memisahkan kehidupan rohani dengan kehidupan sehari-hari, coba anda koreksi ?
2. Apakah anda menyadari bahwa hal itu membuat anda tidak bisa bersahabat dengan Allah, lalu apa yang akan anda lakukan agar terjadi perubahan dalam hidup anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ampuni kami jika seringkali kami memisahkan kehidupan rohani dengan kehidupan sehari-hari, kami mau bergerak untuk merubah semua itu Bapa agar kami dapat bersahabat dengan-Mu dan menyukakan hati-Mu. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Imamat Pasal 13
Matius Pasal 26 ayat 26-56