Menjadi Terang Bagi Keluarga

BACAAN HARI INI
Lukas 19:11-27

RHEMA HARI INI
Lukas 19:17 Katanya kepada orang itu: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik; engkau telah setia dalam perkara kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota.

Mendengar mandat Tuhan bagi kita dan gereja kita untuk bangkit menjadi terang dunia dan membebaskan bangsa kita dari segala bentuk kegelapan, tentu merupakan sebuah kepercayaan yang luar biasa. Janji penyertaan dan pengurapan bagi mereka yang mau meresponi, membuat hati kita menyala-nyala. Tapi sebelum kita buru-buru mengambil langkah keluar, ada baiknya kita melihat dan memeriksa keadaan keluarga kita terlebih dahulu. Jangan sampai kita menjadi terang di luar, tapi keluarga kita sendiri malah masih dalam kegelapan.

Keluarga adalah yang terdekat dan yang paling terlibat dengan kita. Saking terbiasanya, seringkali ada yang terluput dari perhatian kita atau membuat kita menerimanya sebagai suatu keadaan yang memang tidak bisa berubah. Mungkin kita sudah jenuh dan capek berusaha, akhirnya kita tidak lagi berkeinginan untuk berbuat sesuatu untuk keluarga kita. Tapi yang perlu kita ingat, keluarga adalah hal pertama yang Tuhan percayakan pada kita. Dari sanalah semuanya berasal. Dalam keluarga yang ada kesatuan dan kerukunan, disanalah berkat dan anugerah Tuhan dicurahkan. Adanya anggota keluarga yang masih terikat dalam dosa, penyembahan berhala dan okultisme. Atau terbelenggu sakit penyakit, adanya roh perselisihan, pemberontakan, kutuk perceraian dan kegagalan,menandakan kegelapan masih punya kuasa atas keluarga kita. Membuat keluarga kita tidak bisa hidup dibawah langit yang terbuka dan mengalami kasih karunia Tuhan.

Sebagai orangtua, kita bisa menjadi terang dengan memberi teladan yang baik bagi anak cucu kita. Mereka bagai anak panah di tangan pahlawan, bidikan kitalah yang menentukan ke arah mana hidup mereka kedepannya. Sebagai anak, jadilah terang sebagai anak yang baik dan taat. Apapun posisi kita dalam keluarga, jadilah pembawa damai yang memberi kesejukan. Jadikan kata-kata positif yang membangun dan doa syafaat sebagai tiang yang menopang kesatuan keluarga. Dimulai dari yang terkecil, Tuhan akan percayakan yang lebih besar. Diawali dari keluarga, Tuhan akan membuat kita jadi terang bagi lingkungan, negara bahkan sampai ke bangsa-bangsa. Bersama dukungan keluarga, kita akan menjadi jauh lebih kuat dan efektif dalam mengambil alih kuasa kegelapan dan memantulkan terang Kemuliaan Tuhan dalam skala yang jauh lebih besar. (PF)

RENUNGAN
Sebelum kita bisa menjadi TERANG DUNIA, mulailah dengan menjadi TERANG DI KELUARGA kita sendiri.

APLIKASI
1. Sudahkah terang Kemuliaan Tuhan turun atas keluarga Anda?
2. Kuasa kegelapan apa yang masih mengikat keluarga Anda?
3. Apa yang bisa Anda lakukan dalam posisi Anda sekarang, untuk bangkit dan menjadi terang bagi keluarga Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami bersyukur atas keluarga yang kami miliki saat ini. Dengan terang-Mu yang telah turun atas kami, kami mau bangkit menjadi terang dan mengusir setiap bentuk kegelapan KELUAR dari kehidupan kami. Kemuliaan-Mu turun dan bersinar atas keluarga kami. Terimakasih Tuhan,didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.