MENJADIKAN NATAL SEBAGAI MOMEN UNTUK BERBAGI KASIH (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 10-12
Yohanes 6:45-71

BACAAN HARI INI
Yohanes 13:31-35

RHEMA HARI INI
Yohanes 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

Dua orang kakak beradik sepakat untuk membuka usaha perkebunan bersama dan hasilnya akan dibagi sama rata. Sang kakak adalah seorang ayah dengan istri dan tiga orang anak, sementara si adik masih lajang dan sedang kuliah. Seiring berjalannya waktu, usaha mereka pun membuahkan hasil. Namun, sang adik mulai berpikir, mestinya kakaknya menerima bagian lebih banyak karena sudah berkeluarga. Sedangkan ia hanya hidup sendiri dan biaya kuliahnya pun tak seberapa. Sang adik memutuskan memberikan sekantong pupuk ke gudang kakaknya dengan diam-diam. Akan tetapi, rupanya sang kakak pun mempunyai pertimbangan sendiri. Ia berpikir hidupnya lebih enak karena ada istri dan anak-anak yang membantunya. Sang kakak pun memberikan sekantong pupuk ke gudang adiknya. Selang berapa lama, mereka berdua menyadari jumlah pupuk di gudangnya tidak berkurang. Sampai suatu malam, secara tidak sengaja mereka bertemu di tengah-tengah gudang dengan masing-masing membawa sekantong pupuk.

Ya, seperti itulah gambaran tentang berbagi kasih. Seperti halnya dengan kisah dalam Alkitab yang menceritakan tentang orang lumpuh di Kapernaum, yang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang di sekitarnya. Keempat rekannya menggotong dan membawanya naik ke atap rumah, lalu menurunkannya di hadapan Yesus. Orang lumpuh itu pun mendapatkan kesembuhan bahkan keselamatan dari Tuhan sebab perhatian dan kasih dari rekan-rekannya (Mrk. 2:1-4).

Firman Tuhan pada hari ini mengingatkan kepada kita tentang pentingnya saling mengasihi dan memperhatikan. Jadikan hari Natal sebagai momen yang paling tepat bagi kita untuk meneladani kasih Tuhan kepada manusia dengan memperhatikan orang-orang di sekitar kita dan berbagi kasih dengan mereka. Ambil langkah untuk melakukan kebaikan sehingga terang Tuhan atas kita semakin bersinar secara luar biasa!

RENUNGAN
Natal adalah momen yang tepat untuk SALING MEMPERHATIKAN dan BERBAGI KASIH.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menjadikan Natal sebagai momen untuk saling memperhatikan dan berbagi kasih? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan rindu agar kita berbagi kasih dengan orang di sekitar kita?
3. Apa komitmen Anda untuk menjadikan Natal sebagai momen yang tepat untuk berbagi kasih?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk kasih-Mu kepada kami. Kami rindu hidup kami senantiasa memancarkan kasih-Mu kepada orang-orang di sekitar kami, sehingga melalui kami banyak orang diselamatkan. Roh Kudus, ajar kami untuk memilki keberanian melangkah dalam berbagi kasih kepada mereka yang membutuhkan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”