Menjadikan Roh Kudus Sebagai Partner

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:34 “Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.”

Disuatu desa terjadi kekeringan yang cukup lama, hasil tanaman tidak seperti yang mereka inginkan bahkan banyak tanaman yang hampir mati. Desa ini cukup terpencil dan bisa dibilang pelosok karena berada dibelakang gunung. Untuk mencapai kota mereka harus menempuh perjalanan 15 sampai 20 jam. Banyak penduduk yang resah dan putusasa dengan keadaan ini. Mereka bingung harus melakukan apa, hanya da satu mata air yang mereka andalkan untuk hidup mereka. Suatu ketika ketua dari desa ini berinisiatif untuk memanggil seorang pendeta untuk membangun dan membangkitkan semangat mereka kembali. Kebetulan juga penduduk desa ini mayoritas Kristen. Ketika dihubungi, Sang Pendeta mulai mempersiapkan bahan apa yang akan ia sampaikan. Sempat ia berfikir untuk berfirman tentang pemulihn namun ada sesuatu yang mengganjal dihatinya. Sebelum berangkat kedesa tersebut, Sang Pendeta pun berdoa, “Bapa, akau hanya hambaMu, apa melakukan apa yang Engaku kehendaki. Aku tidak mau melakukan apapun menurut pemikiranku sendiri, biarlah kehendakMu yang Jadi. Apa yang harus ku sampaikan kpada mereka agar mereka bangkit kembali.” Singkat cerita Roh Kudus berkata dalam hati Sang Pendeta tentang 5 roti 2 ikan. Sang Pendeta pun semangat menyampaikan hal itu. Puji Tuhan, petunjuk Roh Kudus sungguh luarbiasa. Melalui Firman itu, banyak penduduk yang disadarkan bahwa sekecil apapun yang mereka miliki namun ketika Tuhan berkehendak maka semua jadi. Seperti 5 roti 2 ikan, mata air desa satu-satunya mereka pakai untuk terus mengairi tanaman mereka. Luarbiasa, desa ini mulai bangkit kembali. Bukan hanya desa yang bangkit, penddk pun banyak yang diubahkan pemikirannya sesuai dengan kehendak Bapa.
Luarbiasa, ketika hidup kita terus berpartner kepada Tuhan maka apapun yang ingin Tuhan lakukan melalui hidup kita akan berhasil. Jika tadi Sang Pendeta tidak masuk kamar dan minta petunjuk Roh Kudus, belum tentu Firman yang disampaikan membangkitkan semangat penduduk. Demikian juga dalam kehidupan dan pelayanan kita. Sadarilah bahwa kita adalah alatnya Tuhan yang akan dipakai untuk melakukan kehendaknya. Maka teruslah berpartner pada Roh Kudus agar setiap langkah kita dibimbing sehingga kita tidak salah langkah melainkan kita mampu menjadi alat yang berhasil. Amin.

RENUNGAN
Jadikan ROH KUDUS sebagai PARTNER untuk menyelesaikan kehendak Tuhan yang mengutus kita dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

APLIKASI
1. Sudahkah anda benar-benar menjadikan Roh Kudus sebagai partner dalam hidup dan pelayanan anda, coba anda koreksi ?
2. Dampak apa saja yang anda alami ketika anda menjadikan Roh Kudus partner anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa terus ajarkan kami agar kami berpartner dengan Roh Kudus karena kami tidak mampu berjalan sendiri tanpa Roh Kudus. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Imamat Pasal 25
Kisah Para Rasul Pasal 2 ayat 1-21