Menjadikan yang Tidak Ada Menjadi Ada

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 01 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Roma 4:1-25

RHEMA HARI INI

Roma 4:17 seperti ada tertulis: “Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa”—di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.

Bicara tentang iman, kita dapat mengupas banyak pelajaran tentang iman dari perjalanan hidup Abraham. Bukan hanya karena ia menerima janji yang begitu luar biasa untuk suatu negeri yang berlimpah susu dan madunya. Atau karena ia mendapatkan Ishak di usianya yang ke-100. Atau karena ia berhasil lulus dari berbagai ujian iman. Hal lainnya yang dapat kita pelajari dari kisahnya adalah bagaimana Allah campur tangan langsung dalam memupuk iman Abraham dan juga Sara, istrinya.

Allah mengubah nama mereka menjadi Abraham dan Sara. Yang artinya adalah bapa banyak bangsa dan ibu bangsa-bangsa. Saat itu, Allah meneguhkan kembali bahwa dari Sara-lah, Abraham akan memperoleh keturunan yang sangat banyak. Ketika mendengarnya, Abraham sempat tidak percaya dan bahkan tertawa. Ya, memang sulit bagi akal sehat manusiawinya untuk membayangkan bahwa dirinya dan juga istrinya yang sudah terlampau tua untuk mendapatkan seorang anak. Karena itulah realita baginya.

Namun, realita Tuhan berbeda dengan realita Abraham. Allah mengetahui apa yang telah dirancangkan-Nya. Allah bahkan memahami kondisi iman Abraham dan Sara. Karena itulah Dia mengubah nama mereka. Agar setiap hari dan setiap waktunya, ketika memanggil nama satu sama lain, mereka kembali diingatkan bahwa mereka adalah bapa dan ibu dari sejumlah besar bangsa. Meski hal itu belum menjadi kenyataan. Dengan cara demikian, Allah mengajari mereka untuk berkata-kata seperti Allah berkata-kata. Sampai iman mereka terbangun dan mereka pun berada dalam dimensi iman yang selaras dengan Allah. Sehingga semua itu tergenapi.

Dalam hal ini, kita dapat mempelajari bahwa perkataan kita dapat menarik kuasa Allah untuk bekerja. Mulai sekarang, jika ada sesuatu yang Anda harapkan untuk terjadi dalam hidup Anda, mulailah memperkatakannya dengan iman. Percayalah bahwa Dia adalah Allah yang lebih dari sanggup untuk menjadikan apa yang tidak ada menjadi ada. (MV.L)

RENUNGAN

Perkatakanlah apa yang BELUM ADA dalam hidupmu, maka kuasa Allah akan MENJADIKANNYA ADA!

APLIKASI

  1. Apakah yang sedang Anda nantikan untuk terjadi dalam hidup Anda?
  2. Tentang hal itu, bagaimanakah Anda berkata-kata selama ini?
  3. Apa yang bisa mulai Anda perkatakan untuk hidup dalam dimensi iman?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa kami mengucap syukur karena Engkaulah Allah kami. Kami percaya bahwa Engkau lebih dari sanggup untuk menjawab doa-doa kami. Engkau sanggup menjadikan yang tidak ada menjadi ada. Namun terlebih dari semua yang kami harapkan, biarlah kehendak-Mu yang terjadi di dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Bilangan 7