MENJAGA API TETAP MENYALA DALAM SEGALA SITUASI DAN KONDISI

RHEMA HARI INI

Roma 5:3-4 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Pohon cemara adalah jenis pohon yang mampu hidup ratusan bahkan ribuan tahun. Di kawasan hutan Bristlecone Pines, Amerika Serikat ditemukan pepohonan cemara yang diperkirakan berumur sekitar 3.000-4.000 tahun. Salah satu pohon disana yang diberi nama Methuselah (diambil dari nama tokoh alkitab, Metusalah) usianya telah mencapai 5.000 tahun dan masih hidup hingga kini. Dan di Swedia bahkan ditemukan pohon cemara yang berusia lebih dari 9.550 tahun. Hebatnya, pohon ini pun masih hidup. Selama ribuan tahun, pohon-pohon ini bisa bertahan melawan terpaan angin kencang, badai salju, hujan lebat bahkan musim kering terpanas.

Sama seperti pohon cemara yang harus menghadapi situasi dan kondisi sulit, kehidupan pun seringkali memperhadapkan kita pada situasi dan kondisi yang sama sulitnya. Tetapi jika kita bisa melihat bahwa Tuhan memakai semuanya ini untuk membentuk kita menjadi pribadi yang tangguh dan dewasa, maka kita tidak akan cepat berputus asa ataupun menyerah. Api kita tidak akan mudah padam, bahkan semakin menyala dalam kesulitan.

Ada banyak tokoh Alkitab yang mengalami proses pembentukan dari Tuhan. Diantaranya yang sangat kita kenal, Yusuf, Daud dan rasul Paulus, sama-sama mengalami berbagai-bagai tantangan dalam kehidupannya. Tetapi mereka berhasil menjaga apinya tetap menyala dalam situasi dan kondisi apapun. Dan seperti yang kita ketahui bersama, baik Yusuf, Daud maupun rasul Paulus hidupnya dipakai Tuhan dengan sangat luar biasa. Oleh karena itu, mari belajar agar api kita tetap konsisten menyala. Baik saat diberkati maupun ketika dalam kesukaran, tetaplah menyala. Maka kita akan menerima perkara-perkara besar dalam hidup kita. AMEN.

RENUNGAN

Belajarlah untuk KONSISTEN menjaga nyala api roh kita DALAM SITUASI dan KONDISI APA PUN.

APLIKASI

1. Apakah selama ini nyala api Anda tergantung pada situasi dan kondisi?
2. Mengapa Anda perlu belajar untuk konsisten menjaga api roh Anda?
3. Apa komitmen Anda untuk terus konsisten menjaga nyala api roh Anda dalam situasi dan kondisi apapun?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami percaya bahwa apapun yang kami alami dalam hidup kami adalah cara-Mu untuk menjadikan kami pribadi yang semakin kuat. Karena itu ya Tuhan, kuatkan kami untuk terus berkobar dalam segala situasi. Ajar kami ya Tuhan agar dalam situasi apapun, kami tetap konsisten menjaga API ROH agar kuasa-Mu semakin nyata bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!