Menjaga Hidup Dan Hati Kita

BACAAN HARI INI
Filipi 2:12-18

RHEMA HARI INI
Filipi 2:15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,
Rima mengajarkan kepada anaknya, Gaby, yang masih duduk di bangku SD untuk menolak ajakan temannya untuk mencontek di sekolah. Sedari kecil, Gaby diajarkan untuk hidup jujur. Tidak apa-apa tidak mendapat nilai 10 daripada nilai itu adalah hasil contekan. Saat itu di lingkungan kerja, teman-teman sekantornya melakukan tindakan korupsi beramai-ramai. Hati Rima pun gundah gulana. Ia tahu bahwa apabila ia melaporkannya, ia pasti dimusuhi banyak orang. Tetapi apabila ia diam, sama saja itu membiarkan tindakan curang terjadi.

Beberapa hari terakhir Rima nampak muram. Sudah cukup lama ia dibujuk untuk ikut serta dalam tindakan korupsi masif itu, tentu saja ia menolaknya. Dan tidak sedikit ia mendapat tekanan dari teman sekantornya untuk tidak membuka mulut mengenai hal tersebut. Sampai di hari Minggu, Rima mendapat peneguhan melalui firman yang disampaikan. Akhirnya ia memutuskan untuk menemui atasannya dan menceritakan segala sesuatunya. Ia sudah siap apabila dimusuhi atau bahkan harus keluar dari tempat kerjanya. Tetapi yang terjadi sungguh diluar dugaan, ternyata tindakan korupsi masif itu adalah suatu tes bagi Rima untuk mendapatkan kenaikan jabatan. Karena Rima memutuskan untuk senantiasa menjaga hati dan hidupnya benar di hadapan Tuhan, maka ia akhirnya mendapat promosi dari Tuhan.

Untuk tetap senantiasa menjadi terang dalam kegelapan bukanlah hal yang mudah, karena hal itu berarti kita harus menjadi beda dengan mayoritas. Belum lagi ketika kita mendapatkan tekanan dari mana-mana. Namun jika kita tetap berpegang teguh pada firman Tuhan dan setia memilih untuk menjaga hati, pikiran dan hidup kita tetap kudus di hadapan Tuhan, maka Dia sendiri yang akan melakukan perkara-perkara yang sungguh-sungguh dahsyat melalui hidup kita.

RENUNGAN
JAGALAH HATI dan HIDUP kita di hadapan Tuhan, maka Tuhan akan melakukan banyak perkara yang sungguh-sungguh dahsyat MELALUI KITA.
APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki hati dan hidup yang berkenan di hadapan-Nya?
2. Mengapa Tuhan mau Anda menjaga hati dan hidup Anda dalam kekudusan?
3. Apa komitmen Anda dalam menjaga hati dan hidup Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, kami mau berkomitmen untuk senantiasa menjaga hati dan hidup kami benar di hadapan-Mu. Kami rindu untuk Engkau pakai menjadi alat-Mu sehingga dunia boleh tahu bahwa ada karya kemuliaan Allah yang terpancar melalui hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.