Menjaga Kesehatan Untuk Mencapai Tujuan

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Mazmur 103:1-22

RHEMA HARI INI
Mazmur 103:3 Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,

Mens sana in corpore sano adalah sebuah kalimat bahasa latin yang artinya “pikiran yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat”. Semboyan ini mulai digunakan para olahragawan di seluruh dunia pada tahun 1861. Pada waktu itu semangat olahraga di Eropa sedang bangkit. John Hulley, seorang berkebangsaan Inggris, menggunakan kalimat itu sebagai motto untuk Klub Atletik Liverpool yang didirikannya. Hulley mengambil kalimat itu dari karya sastra abad kedua Masehi, yang ditulis seorang pujangga Romawi, Decimus Iunius Juvenalis, pada karya bertajuk Satire X. Sebenarnya kalimat asli Juvenalis adalah “Orandum est ut mens mens sana di corpore sano,” yang artinya “Seorang pria harus berdoa untuk pikiran sehat di dalam tubuh nan sehat.” Juvenalis mengakui bahwa Tuhanlah yang telah memberikan anugerah, sehingga tubuh dan pikiran manusia bisa selalu sehat.

Jauh sebelum Juvenalis menulis karya sastranya, ternyata pemazmur telah terlebih dahulu menuliskan pengakuan bahwa Tuhanlah yang menyembuhkan segala penyakit (Mazmur 103:3). Secara luar biasa, di dalam mazmur itu pemazmur membuat daftar tentang berkat-berkat Allah bagi umat-Nya, di antaranya pengampunan setiap dosa (ay.3), kesembuhan dari penyakit (ay.3), dan karunia-karunia penebusan (ay. 4). Oleh kasihNya, Tuhan telah mengampuni manusia dan mengadakan karya penebusan. Tuhan juga menginginkan agar manusia kembali menjadi seperti semula ketika diciptakan, sempurna dan segambar dengan Allah. Karena itulah, selain pengampunan dan penebusan, Tuhan pun memberikan anugerah kesembuhan, sebab penyakit muncul dari dosa dan perbuatan iblis.

Bagi Tuhan, kesehatan manusia sangatlah penting. Sebelum menciptakan manusia, Tuhan telah menyediakan lengkap alam semesta dan membuat sebuah taman di Eden agar manusia terjamin hidupnya. Tuhan ingin memastikan bahwa manusia selalu berada dalam kondisi yang sehat sejahtera sebab Dia rindu kita bisa menyelesaikan rencana-Nya yang besar bagi dunia. Hari ini, mintalah kepada Tuhan Yesus agar Dia terus memakai Anda untuk menyelesaikan karya keselamatanNya di dunia, maka pasti Ia akan selalu menguatkan, menyembuhkan, dan memulihkan semua aspek hidup Anda.

RENUNGAN
Tuhan mengetahui kita MEMBUTUHKAN setiap organ tubuh kita TETAP SEHAT dan KUAT untuk terus berjalan MENYELESAIKAN RENCANA TUHAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda saat ini sedang mengalami kondisi saki?
2. Menurut Anda, apakah yang menjadi penyebab Anda mengalami sakit?
3. Berdoalah secara profetik untuk setiap kelemahan dan sakit Anda, mintalah pada Tuhan agar Ia terus memakai hidup Anda untuk menyelesaikan semua rencanaNya!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur atas kasihMu yang teramat besar dalam hidup kami. Kami berdoa untuk semua permasalahan kesehatan dan kelemahan kami. Jamahlah kami sehingga kami beroleh anugerah kesembuhan, kedamaian, dan kesejahteraan dariMu. Ampunilah semua kesalahan dan dosa kami karena kami pun telah mengampuni siapapun yang bersalah kepada kami. Pakailah kami, layakkan kami, dan mampukan kami untuk terus melayaniMu dan menyelesaikan karya keselamatanMu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.