Menjaga Kualitas Hati

BACAAN HARI INI
Amsal 4:1-27

RHEMA HARI INI
Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Toni dikenal sebagai orang yang baik hati. Dia tampak selalu bersemangat dan antusias. Dia juga seorang yang rendah hati, semua yang mengenalnya pasti mengakui ketulusannya. Oleh sebab kepribadiannya itu Toni memiliki banyak teman dari berbagai kalangan. Selain baik, Toni juga cerdas dan berprestasi. Kecerdasannya sudah terlihat sejak ia duduk di bangku sekolah. Setelah bekerja, prestasinya pun cemerlang. Beberapa kali ia mendapatkan promosi jabatan dalam waktu singkat. Kini Toni sudah berkeluarga dan dia adalah seorang suami dan ayah yang hangat, yang mampu memberikan teladan bagi keluarganya untuk memberikan hidup yang terbaik kepada Tuhan. Mereka sekeluarga aktif di dalam pelayanan gereja.

Kitab Amsal mencatat bahwa hati seharusnya memancarkan kehidupan. Hati yang berkualitas akan menghidupkan seluruh tubuh, pikiran, dan jiwa. Bahkan semua yang ada di luar tubuh juga akan merasakan hangatnya pancaran kehidupan dari hati yang berkualitas. Inilah hati yang dikenan Tuhan, hati dimana Tuhan bisa memakainya untuk menjalankan setiap rencanaNya. Hati yang sempurna mengasihi Tuhan dan selalu mengutamakan Tuhan. Hati yang selalu siap dibentuk untuk menjadi garam dan terang bagi lingkungan di manapun berada.

Agar hati kita bisa terus memiliki kualitas yang baik kita perlu menjaganya sungguh-sungguh. Seperti hanya tubuh jasmani yang memerlukan general checkup, demikian pula hati kita harus selalu dijaga kesehatannya. Karena itu ambilah waktu khusus untuk sungguh-sungguh mengevaluasi hati. Marilah melihat keadaan hati kita masing-masing. Apakah selama ini hati kita dipimpin oleh Roh yang menghasilkan buah-buah Roh ataukah hati kita dipimpin oleh keinginan daging? Bersyukurlah karena gereja kita punya Pondok Daud, tempat dimana hati kita bisa selalu mendapatkan terapi. Di Pondok Daud, hadirat Tuhan akan memurnikan, mengubahkan, dan menyegarkan kembali hati kita. Saat Tuhan telah mendapati kualitas hati kita sesuai dengan keinginanNya saat itu pula Ia akan memberikan terobosan-terobosan besar dalam hidup kita.

RENUNGAN
Seperti kita memeriksa tubuh jasmani kita, lakukanlah juga GENERAL CHECK UP untuk HATI kita.

APLIKASI
1. Bagaimana kondisi hati Anda saat ini? Apakah menurut Anda, sedang dalam keadaan sehat?
2. Jika tidak, sakit apa yang sedang di derita oleh hati Anda? Kepahitan, dendam, kecewa atau sesuatu yang lain?
3. Sudahkah Anda mendengar tentang mujizat pondok Daud? Cobalah ambil langkah untuk datang kesana dan apa yang Anda rasakan setelahnya.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus tolong kami untuk senantiasa bisa menjaga hati dan pikiran kami. Biarlah kiranya hati kami selalu terarah dan fokus kepada-Mu. Terima kasih atas pondok Daud di gereja kami, tempat dimana kami selalu bisa memeriksa dan menjaga kesehatan hati kami, sehingga terang dan kehidupan-Mu dapat terpancar melalui kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.