Menjalani Hidup Dengan Berpartner Roh Kudus

RHEMA HARI INI
Wahyu 3:6 “Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Sunday Sunkanmi Adelaja menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya pada bulan Maret 1986, sebelum saat-saat kelulusan SMU. Sunday berusaha mencari beasiswa untuk bisa sekolah di Universitas Nigeria, tetapi ternyata Tuhan memberikan beasiswa untuk belajar jurnalisme di Universitas Belarusia, Uni Soviet. Bagi seorang yang baru menjadi Kristen 6 bulan, Uni Soviet menjadi tempat yang sulit untuk hidup. Pada saat dia berencana untuk kembali ke Afrika, Sunday mendengar Roh Kudus berbisik di hatinya, “Aku punya sebuah tujuan dengan membawamu kesini”. Dia melanjutkan kuliahnya dan tetap menjadi orang Kristen yang aktif dalam pelayanan. Setelah pemerintahan komunis jatuh, banyak dari teman-teman Sunday yang sekalipun selamat dari penganiayaan tetapi justru jatuh dalam dosa dan kemerosotan moral. Ketika akan lulus, Sunday tidak membuat rencana apapun untuk terjun dalam bidang jurnalisme profesional. Mengetahui bahwa panggilannya adalah melayani Tuhan sepenuh waktu. Sunday mulai melakukan persiapan profesional dengan mendatangi beberapa sekolah Alkitab. Allah turut campur dalam persiapannya ini dan memberitahunya, “Aku punya cara lain untuk mempersiapkan para Jendral-Ku, cara yang pertama adalah dengan mempertemukan mereka dengan para pemimpin gereja yang sudah ada. Dan cara yang kedua adalah melalui sekolah Alkitab. Cara persiapan yang ketiga adalah dengan membangkitkan para pemimpin dalam sebuah gereja lokal yang kuat. Tetapi ketika Aku ingin melakukan sesuatu yang baru dan unik, Aku akan membawa para Jenderal-Ku masuk ke padang gurun. Rusia adalah padang gurunmu dan sekolah Alkitab adalah persiapan untukmu”. Pada saat Sunday dan teman-temannya berdoa untuk melawan rencana deportasi dari pemerintah Rusia, dia menerima undangan untuk menerjemahkan Pastor Jeff Davis, seorang pendeta pembicara yang sering berkeliling Ukraina. Sunday berangkat ke Ukraina dan membayar tiket sendiri serta melakukan pelayanannya. Beberapa minggu setelah perjalanan tersebut, Sunday ditelepon oleh Pastor Davis. Pastor Davis sudah menandatangani kontrak dengan sebuah stasiun TV di Kiev dan membutuhkan seseorang untuk menjadi presenternya. Beberapa bulan kemudian, Sunday tiba di Kiev dan mulai pekerjaannya di stasiun TV tersebut. Pimpinannya sangat terkesan dengan kualitas pekerjaan dan karakter Kristus yang dia tunjukkan dalam hidupnya dan juga memintanya untuk membuat program TV dengan memakai nilai-nilai Kristen. Dengan demikian Tuhan membuka jalan bagi Sunday untuk memberitakan Injil melalui TV setiap minggu, disini Allah mengijinkan Sunday untuk memberitakan Injil sebelum memulai gereja. Pada tahun 1993, Sunday akhirnya tidak bisa lagi menolak bisikan dari Roh Kudus untuk memulai sebuah gereja di Kiev.

Dalam sebuah hubungan partner, kita akan mengalami hubungan yang mesra dengan partner kita sehingga kita bisa mendengar dengan peka sewaktu partner kita memberikan tuntunan. Pastor Sunday mengalami hidup yang luar biasa memuliakan nama Tuhan karena dia taat dengan panduan Roh Kudus untuk tetap tinggal di Uni Soviet, masuk sekolah alkitab dan untuk pergi ke Kiev, dia sepenuhnya mengerti bahwa inilah jalan hidup yang harus dia tempuh. Sama seperti Pastor Sunday, kita semua juga memiliki jalan hidup yang terbentang luas di depan kita, namun bagaimana kita meresponi kehendak Bapa melalui tuntunan dari partner kita yaitu Roh Kudus? Sewaktu kita berjalan menuruti logika kita sendiri, kita akan sering salah langkah, namun pada saat kita mengikuti bisikan Roh Kudus, kita akan melangkah dengan lebih mantap.

RENUNGAN
Hanya ketika kita BERPARTNER DENGAN ROH KUDUS, maka kita bisa melakukan kehendak Bapa dan memuliakan nama Tuhan melalui hidup kita.

APLIKASI
1. Apakah anda sudah mengenal PARTNER sejati anda yaitu ROH KUDUS dengan cukup baik dan sudahkah anda meluangkan waktu anda untuk bersekutu dengan-Nya, uji hati anda ?
2. Dan apa bukti anda sudah benar-benar berpartner dengan Roh Kudus ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa terus ajarkan kami agar kami senantiasa berpartner dengan Roh Kudus agar kehendakMu dapat terjadi dan nama Mu dimuliakan melalui kehidupan kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Imamat Pasal 26-27
Kisah Para Rasul Pasal 2 ayat 22-47