Menolak Yang Buruk Dan Menerima Favor Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Senin, 23 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Mazmur 91:1-16

RHEMA HARI INI

Mazmur 91:15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.

Siapa yang senang memiliki nasib buruk dalam hidupnya? Tentu tidak ada. Begitu juga dengan Hana, istri Elkana. Namun, Tuhan telah menutup kandungannya sehingga ia tidak bisa memiliki anak. Ditambah lagi, Penina, istri Elkana yang satunya lagi, selalu mengolok-oloknya. Akan tetapi, Alkitab menceritakan bahwa pada akhirnya Tuhan mendengar doa Hana dan nasibnya berubah!

Siapakah Hana di mata Tuhan sehingga doanya didengar dan dikabulkan? Hana adalah seorang yang sangat menghormati dan percaya kepada Tuhan. Sekalipun Tuhan mengizinkan dirinya mandul, Hana tidak marah ataupun kecewa. Ia tidak menunjukkan sikap memberontak, bahkan di dalam hatinya. IA TIDAK MENGHENTIKAN KEBIASAANNYA BERDOA KETIKA HATINYA SEDANG SANGAT SEDIH DAN GUSAR. Justru ia mendatangi Tuhan, sujud menyembah, dan mencurahkan isi hatinya. Dengan penuh kesadaran, ia menolak keadaannya yang buruk dan meminta kepada Tuhan untuk memberinya seorang anak. Selain itu, Hana langsung percaya saat imam Eli sebagai otoritasnya di hadapan Tuhan mengatakan bahwa doanya sudah dijawab dan dikabulkan. Lihatlah, karena Hana telah memilih sikap yang benar maka favor Tuhan melimpahi hidupnya dan mujizat terjadi.

Ada banyak keadaan buruk yang hanya kemurahan Tuhan sajalah yang sanggup mengubahnya. Hutang setinggi langit, kesalahan fatal yang tidak mungkin dihapuskan, suami atau istri yang mustahil diubahkan, anak pemberontak, atau kerinduan akan seorang anak seperti yang dialami oleh Hana. Jika semua itu diizinkan terjadi dalam hidup Anda, jangan kecewa atau marah. Milikilah sikap hati yang benar dan percayalah bahwa inilah saatnya favor Tuhan dinyatakan. Ketahuilah, Tuhan tidak menghendaki satu pun anak-Nya mengalami nasib yang buruk. Tuhan menciptakan Anda untuk mengalami hidup yang berkelimpahan dalam segala hal. Karena itu, bangkitlah dalam doa. Dengan penuh keberanian dan kesadaran, tolaklah hal buruk yang sedang terjadi. Percayalah, apa yang diterima oleh Hana, pasti akan Anda terima juga. Ya, doa orang benar, jika dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya. Haleluya!

RENUNGAN

BERSERU KEPADA TUHAN dan MENOLAK NASIB JELEK DENGAN SADAR membuat favor Tuhan melimpahi hidup kita

APLIKASI

  1. Adakah suatu keadaan yang sedang terjadi yang membuat Anda berpikir bahwa memang itulah nasib Anda?
  2. Adakah sikap hati Anda yang harus diubah di hadapan Tuhan karena keadaan itu?
  3. Apakah komitmen yang dapat Anda ambil untuk melawan semua keadaan yang buruk yang sedang Anda alami? Tuliskan dan lakukanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami percaya bahwa Engkau tidak pernah merancangkan kehidupan yang buruk bagi kami, sebab rancangan-Mu adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan. Berikan kami kekuatan-Mu, Tuhan, dan dengarkanlah seruan hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Pengkotbah 7-12