Menuai Dari Taburan

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 26 Februari 2016

BACAAN HARI INI

2 Korintus 9:1-6

RHEMA HARI INI

2 Korintus 9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga

Dalam bagian ini, Paulus menggunakan metafora menabur dan menuai untuk mengajar kita tentang bagaimana kemurahan hati bekerja dalam hidup kita. Dalam ayat tersebut jelas sekali disebutkan bahwa semakin banyak kita memberi, maka semakin banyak juga Tuhan berjanji akan mengembalikannya dalam hidup kita.

Seorang anak protes kepada orang tuanya yang banyak sekali memberi bagi pekerjaan Tuhan dan orang lain. “Papa, mama, sedikit-sedikit amal, sedikit-sedikit memberi persembahan ke gereja… Kapan uang papa mama untuk membelikan aku mobil remote???” Demikian keluh anaknya. Orang tuanya dengan penuh kesabaran menjelaskan, “Nak, kamu kan sudah punya banyak mainan. Nanti kalau kamu sudah dewasa, kamu akan tahu bahwa apa yang papa mama lakukan ini juga akan membawa keuntungan bagimu…”

Karena taburan yang terus-menerus diberikan oleh orang tuanya dengan penuh ketulusan dan sukacita, maka anugerah, pemeliharaan serta berkat Tuhan terus menyertai sepanjang kehidupan anak ini. Tidak pernah ia mengalami kekurangan, hidupnya terus diberi kemudahan demi kemudahan, bahkan anak ini akhirnya bertumbuh menjadi seorang pemuda yang takut akan Tuhan dan cinta Tuhan. Semuanya ini adalah karena orang tuanya yang terus-menerus menabur benih yang terbaik kepada Tuhan.

Taburan Anda, bukan hanya akan berdampak pada diri Anda sendiri, tetapi juga berdampak pada generasi setelah Anda. Semakin banyak Anda menabur, maka semakin banyak anugerah yang akan Anda dan generasi setelah Anda bisa alami. Itu sebabnya, ambillah keputusan untuk menabur hari ini. Anda mungkin tidak akan langsung melihat hasilnya, tetapi jika Anda terus menabur dengan penuh ketulusan kepada Tuhan, maka janji Tuhan pasti dinyatakan dalam hidup Anda. Anda akan dibuat menuai sangat banyak, bahkan berlimpah-limpah, sehingga Anda bisa menjadi berkat yang lebih besar lagi untuk kemuliaan Tuhan.

RENUNGAN

Kalau kita menabur sedikit, maka kita pasti hanya menuai sedikit; sebaliknya kalau kita MENABUR BANYAK, maka kita pasti MENUAI BANYAK

APLIKASI

Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk bisa menabur banyak kepada Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, berikan hikmat kepada kami supaya kami bisa mengatur keuangan yang Tuhan percayakan kepada kami sehingga kami bisa lebih banyak lagi menabur dan menjadi berkat bagi pekerjaan-MU. Kami rindu hati-MU disenangkan dengan apa yang kami lakukan dalam ketulusan dan ketaatan. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja 18
2 Tawarikh 29-31
Mazmur 48