Menuai Yang Tidak Ditabur

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:1-32

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:38 “Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan; orang-orang lain berusaha dan kamu datang memetik hasil usaha mereka.”

Sebagai anak seorang pemukim Inggris di Afrika, Peter kecil sering bepergian bersama ibunya yang berprofesi sebagai seorang dokter. Ibu Peter bertugas untuk memberi vaksinasi kepada anak-anak di daerah pedesaan. Meskipun ia hanya ditugaskan untuk memvaksinasi penduduk Rhodesia, ia dengan murah hati juga memvaksinasi anak-anak suku Ndau yang adalah orang-orang nomaden di daerah itu. Saat sudah dewasa, Peter kembali ke daerah itu sebagai reporter. Malang menghampirinya, ia diculik karena dianggap sebagai seorang mata-mata. Saat disergap, Peter mendengar pemimpin gerombolan berbicara bahasa Ndau. Samar-samar ia mengingat bahasa yang pernah ia pelajari di masa kecilnya dan ia mulai berbicara pada pemimpin gerombolan dalam bahasa Ndau.

“Darimana kamu belajar bahasa kami?” tanya pemimpin gerombolan itu terkejut. Peter langsung menceritakan masa lalunya di desa tersebut dengan bahasa Ndau yang seadanya. “Apa ibumu dokter Godwin?” tanya pemimpin itu dengan antusias. “Ya,” Peter menjawab. Pemimpin itu menatap Peter dengan senyum lebar. “Dokter Godwin memvaksinasi aku saat aku kecil. Lihat! Aku tumbuh sehat sampai saat ini,” ucapnya bangga. Dari status tawanan, Peter beralih menjadi seorang tamu istimewa karena apa yang pernah ditabur oleh ibunya. Fotonya bersama para gerombolan itu menjadi kesaksian hidup dari dampak perbuatan baik.

Tuhan Yesus turun ke dunia sehingga kita yang tadinya miskin menjadi kaya. Tuhan Yesus menanggung semua sakit dan kelemahan kita sehingga oleh bilur-bilur-Nya kita disembuhkan. Tuhan Yesus memberikan nyawa-Nya di kayu salib sehingga kita mendapat keselamatan kekal. Tuhan Yesus yang menabur, kita yang menuai. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk Anda tidak menabur, bukan? Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Kita tidak hanya menuai apa yang kita tabur, namun juga MENUAI YANG TIDAK KITA TABUR. Itulah ANUGERAH.

APLIKASI
1. Apa yang Anda rasakan setelah Anda tahu bahwa Anda akan menuai yang tidak Anda tabor ?
2. Apa yang Anda lakukan sebagai ungkapan rasa terima kasih Anda kepada Tuhan atas anugerah-Nya ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami sungguh bersyukur dan bangga terhadap segala perbuatan-Mu. Engkau sungguh baik karena anugerah demi anugerah terus Engkau curahkan bagi kehidupan kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Samuel 1-3
Roma 3