MENUNJUKKAN KASIH LEWAT SENTUHAN FISIK

RHEMA HARI INI

Markus 10:16 Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

Stres akibat tekanan bisa melanda siapa saja. Jika dibiarkan tanpa ditangani, stres akan berakibat buruk pada fisik maupun mental. Salah satu cara sederhana untuk mengusir stres adalah melalui sentuhan fisik. Penelitian mengungkapkan bahwa sentuhan fisik dalam arti yang positif, mampu menunjukkan rasa cinta kasih dan rasa terimakasih secara indah sekali. Sebuah pelukan mampu menekan hormon stres, menurunkan detak jantung serta menurunkan tekanan darah. Pelukan juga mampu meningkatkan dopamin atau hormon bahagia pada seseorang.

Sentuhan sayang orangtua bahkan memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan fisik bayi yang baru lahir. Bukan hanya untuk menjalin kedekatan, tetapi juga penting bagi perkembangan sosial serta fisik sang anak. Bagi anak yang lebih besar sampai remaja, sentuhan fisik sangat membantu memberikan rasa percaya diri dan rasa aman karena merasa dikasihi dan mendapat dukungan penuh dari orang tuanya. Bahkan bagi anak-anak yang mengalami masalah luka batin dan tekanan jiwa sekalipun, sentuhan fisik bisa mengobati dan memulihkan. Perasaan dikasihi, berharga dan diperhatikan, mampu mengubahkan perilaku negatif menjadi positif.

Ya, sentuhan fisik merupakan sebuah kebutuhan bagi manusia dan mempunyai efek yang luarbiasa. Meski di era pandemi ini kita masih terbatas untuk bisa saling memberikan sentuhan fisik, seperti berjabat tangan atau memeluk, tetapi kita yang memiliki bahasa kasih kuat di sentuhan, belajarlah untuk bisa memahami dan menggantikannya dengan bahasa kasih lain yang tak kalah indahnya. Seperti Tuhan yang tidak bisa kita sentuh secara fisik, tetapi bisa kita sentuh di dalam Roh, selama bahasa kasih kita keluar dari hati yang tulus dan murni, pasti akan bisa tersampaikan ke dalam hati orang-orang yang kita sayangi. (PF)

RENUNGAN

SENTUHAN FISIK juga merupakan salah satu bahasa kasih manusia.

APLIKASI

1. Seberapa pentingkah bahasa kasih sentuhan bagi Anda?
2. Apa saja dampak positif yang Anda rasakan, baik bagi diri Anda maupun orang lain lewat sentuhan fisik?
3. Bagaimana Anda akan secara bijaksana menggunakan sentuhan fisik sebagai bahasa kasih Anda kepada orang-orang yang Anda sayangi?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kasih-Mu yang begitu besar kepada kami. Biarlah melalui sentuhan fisik kepada orang-orang yang kami sayangi, merekapun bisa merasakan besar-Nya kasih-Mu yang mengubahkan hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!