MENUTUP TELINGA DARI SEMUA DAKWAAN IBLIS

BACAAN HARI INI

1 Petrus 5:1-11

RHEMA HARI INI

1 Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Rini pernah melakukan kesalahan di masa mudanya. Keliru dalam memilih teman membuatnya terjerumus ke dalam pergaulan yang bebas. Celah pun muncul ketika Rini kuliah dan harus tinggal di rumah kost jauh dari orangtuanya. Rini hamil ketika masih berstatus mahasiswa. Ia sangat ketakutan dan malu ketika mengetahui dirinya hamil di luar nikah. Rini menyesal akan apa yang sudah diperbuatnya dengan kekasihnya. Perasaan bersalah selalu menghantui. Dunia Rini seakan tampak begitu suram dan menakutkan, ia pun berubah menjadi seorang yang pendiam dan pemurung, padahal sebelumnya Rini memiliki kepribadian yang terbuka dan ceria.

Waktu pun berlalu, Rini akhirnya menikah dengan sang kekasih dan melahirkan anaknya. Akan tetapi, Rini masih saja dipenuhi dengan rasa bersalah. Iblis seolah selalu mengingatkannya akan kesalahan yang pernah diperbuatnya. Rini hidup dalam penyesalan dan sukacita tidak ada dalam hidup dan rumah tangganya. Rini bahkan menjauhkan diri dari komunitas gerejanya karena perasaan bersalah dan malu. Rini juga tidak memiliki keberanian berkumpul dengan saudara-saudara seiman.

Adakah diantara kita yang juga mengalami seperti yang Rini alami? Kita selalu hidup dalam bayang-bayang dosa masa lalu, seolah kita sudah melakukan kesalahan besar yang tidak bisa diampuni. Jika demikian, hari ini Tuhan ingin setiap kita tidak lagi hidup dalam penyesalan karena dosa masa lalu. Meskipun mungkin kesalahan atau dosa yang pernah kita lakukan begitu besar, jangan biarkan iblis terus mendakwa kita. Belajarlah menutup telinga dari semua dakwaan iblis, sehingga kita tidak terus hidup dalam penyesalan dan tiada sukacita. Datanglah kepada Tuhan Yesus, mengakui dosa dan meminta ampun serta berjanji tidak mengulangi. Percayalah saat kita sudah mengakuinya Tuhan akan menggantikannya dengan pengampunan dan sukacita. Kitapun bisa mengalami pemulihan total saat kita bisa hidup bebas dari rasa bersalah. (LEW)

RENUNGAN

Kalau kita TIDAK BELAJAR MENUTUP TELINGA dari semua dakwaan iblis, kita bisa mengalami hidup yang PENUH PENYESALAN dan TIADA SUKACITA.

APLIKASI

1. Dalam hal apa Anda sering di dakwa oleh iblis?
2. Apakah selama ini Anda bisa menutup telinga dari semua dakwaan iblis?
3. Mengapa Anda harus menutup telinga dari semua dakwaan iblis?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, ajarilah kami untuk menutup telinga dari semua dakwaan iblis terhadap kami. Kami tidak mau hidup di bawah bayang-bayang masa lalu. Kami mau hidup dalam pengampunan dan kasih karunia-Mu sehingga kami bisa bersukacita di dalam Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!