Menyembah Dalam Roh Dan Kebenaran

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

ezra710

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

Renungan Keluarga Allah | Senin, 01 Mei 2017

BACAAN HARI INI

Yohanes 4:5-26

RHEMA HARI INI

Yohanes 4:23-24 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Salah satu tujuan Allah menciptakan kita adalah untuk memiliki hubungan dari hati ke hati dengan-Nya. Untuk terkoneksi sepenuhnya dengan-Nya melalui penyembahan. Namun, seringkali, kita kurang memahami bagaimana cara menyembah yang benar. Melalui kisah perempuan Samaria dalam Injil Yohanes, Tuhan memberikan petunjuk tentang penyembahan seperti apa yang Allah kehendaki. Yesus Kristus, yang tahu dengan jelas isi hati Bapa di sorga, mengatakan bahwa Bapa menghendaki penyembah-penyembah yang menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran. Tempat fisik penyembahan tidaklah menjadi persoalan. Pun bukan nyanyian yang keluar dari mulut kita atau tata cara penyembahan jasmaniah yang Dia nantikan.

Mengapa dalam roh? Karena Allah adalah Roh dan hanya Roh Kudus yang tinggal di dalam kita yang mengenal Allah Bapa (1 Kor. 2:11). Roh Kudus di dalam hati kita yang bersyafaat kepada Bapa di Sorga (Rm. 8:26). Tanpa Roh Kudus, manusia roh kita tidak tahu dan tidak mampu melakukan apa yang Allah kehendaki. Mengapa dalam kebenaran? Karena hanya dalam Kebenaran, yaitu Yesus Kristus, kita menjadi layak untuk datang menyembah Allah. Sebab tanpa perantaraan Yesus Kristus, Sang Anak Domba Allah, tidak seorang pun mampu mendekat kepada takhta kasih karunia.

Saat kita menyembah-Nya, Dia menginginkan kita memfokuskan hati dan pikiran hanya kepada-Nya. Singkirkanlah segala sesuatu yang menghalangi hati dan pikiran kita berfokus kepada Allah. Percakapan dengan teman yang menyakitkan hati kita harus ditanggalkan. Begitu pula dengan kekuatiran tentang hari esok. Prasangka kurang baik kepada orang lain juga semestinya kita buang. Perbaharuilah hati dan pikiran kita dengan Roh dan firman-Nya. Saat kita menyembah-Nya dengan segenap hati dan pikiran kita, serta dengan pembaharuan diri melalui Roh Kudus dan firman-Nya, isi hati kita akan menyentuh sorga, menjadi persembahan yang harum dan menyenangkan hati Bapa. Seperti itulah penyembahan di Pondok Daud yang menyenangkan hati Tuhan. Tidak heran, banyak sekali mujizat-mujizat Tuhan dinyatakan di Pondok Daud yang terbuka selama 24 jam di gereja kita.

RENUNGAN
Persembahan yang HARUM DAN MENYUKAKAN HATI TUHAN adalah PENYEMBAHAN DALAM ROH DAN KEBENARAN

APLIKASI

  1. Pernahkah Anda merasa kering dan tidak bisa merasakan kehadiran Roh Kudus? Cobalah menyanyikan lagu pujian dan ucapan syukur kepada Roh Kudus, serta bacalah firman Allah. Berbicaralah, luahkan isi hati dan pikiran Anda kepada Roh Kudus.
  2. Menurut Anda, mengapa Tuhan menghendaki agar Anda menyembahnya dalam roh dan kebenaran?
  3. Apa yang Anda alami sesudah Anda terus konsisten melakukan hal tersebut di atas? Bagikan!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa di Sorga, Engkau adalah yang terutama di dalam hidup kami. Mohon ajari kami untuk bisa menyenangkan hati-Mu. Ajari kami untuk menyembah-Mu selalu dengan segenap hati dan pikiran kami. Kami mau menyembah-Mu di dalam roh dan kebenaran. Mampukan kami, ya Roh Kudus. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”