Menyembah Tuhan Dengan Kasih Agape

BACAAN HARI INI
Matius 5:17-48

RHEMA HARI INI
Matius 5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? 47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?

Ada seorang gadis yang lahir dari keluarga miskin. Setiap hari orang tua gadis ini meminjam uang ke sana kemari untuk makan dan menyekolahkan anaknya. Sampai suatu ketika kedua orangtuanya terpaksa berhutang kepada rentenir. Saat jatuh tempo pembayaran hutang, mereka tidak mampu membayar. Ini mengakibatkan kedua orang tua itu menjadikan anaknya sebagai pelampiasan amarah mereka. “Gara-gara ada kamu, Bapak dan ibu makin susah. Kenapa kamu tidak mati saja.” Mendengar hal itu, anak ini hanya bisa menangis. Akhirnya kedua orangtua itu dan rentenir membuat kesepakatan bahwa hutangnya akan dianggap lunas jika anak itu mau menjadi pembantu bagi rentenir itu tanpa digaji. Di tengah situasi yang sangat tidak mengenakkan itu, datanglah hamba Tuhan untuk membangkitkan semangat gadis ini, “Jangan lihat peristiwa ini dengan kacamata negative, tapi lakukan semuanya ini karena kamu mengasihi mereka dan kamu ikut membantu orangtuamu melunasi hutang mereka.” Gadis ini, dengan penuh penyerahan diri kepada Tuhan, mentaati nasehat hamba Tuhan itu. Hampir 10 tahun ia bekerja tanpa digaji, sampai akhirnya sang rentenir meninggal. Segeralah sang anak kembali pada orang tuanya. “Bapak ibu, ijinkan aku merawat kalian di masa tua kalian.” Menangislah kedua orang tua itu dan bertanya-tanya mengapa anaknya mampu melakukan hal itu. “Aku mengasihi Tuhan, dan aku mengasihi kalian. Inilah caraku membalas kasih Tuhan yang sudah menjagaiku hingga aku saat ini masih dalam keadaan yang baik.”

Tak mudah melakukan kasih tanpa syarat, apalagi jika kita sudah disakiti atau bahkan serasa dibuang. Kita mendapat pelajaran luar biasa melalui kisah diatas. Bukti kasihnya pada Tuhan diwujudnyatakan dengan ketaatan dan hormatnya pada orangtuanya. Meskipun berat dan sulit, namun ia tetap melakukannya.

Bentuk penyembahan kita kepada Tuhan dapat kita wujudkan ketika kita mau mempraktekkan kasih agape. Sekalipun berat, sulit, atau bahkan tidak masuk akal, tetapi biarlah kasih agape yang kita berikan menjadi penyembahan hidup kita kepada Tuhan. Dengan demikian hati Tuhan pasti disukakan dengan hidup kita dan Ia berkenan melimpahkan kasih karunia-Nya yang besar dalam hidup kita.

RENUNGAN
Mempraktekkan KASIH AGAPE adalah salah satu BENTUK PENYEMBAHAN kita di hadapan Tuhan.

APLIKASI
Apa motivasi Anda agar mau menabur kasih agape ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami makin mengerti bahwa ketika kami menabur kasih agape maka itu suatu bentuk penyembahan kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Amsal 1-3
Wahyu 6