Merencanakan Anggaran Belanja

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 17 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Amsal 21:1-31

RHEMA HARI INI

Amsal 21:5 Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

Pada saat Merry Riana sampai di Singapura untuk yang pertama kalinya, uang yang dimilikinya sangat terbatas. Karena tidak memiliki dana yang memadai untuk membayar kuliah dan biaya hidup, Merry meminjam dana beasiswa sebesar S$40.000 pada pemerintah Singapura. Setelah itu Merry menghitung-hitung, dan menemukan bahwa bahkan dengan pinjaman itu, ia hanya mengantongi $10 untuk biaya hidup setiap minggunya. Untuk berhemat, setiap pagi ia hanya makan mie instan, siangnya dua lembar roti tawar, malamnya ia mengikuti perkumpulan atau seminar demi makan gratis, dan terkadang ia berpuasa. Setelah lulus, ia bertekad untuk mewujudkan resolusinya akan kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun. Ia pun mulai usaha di bidang jasa keuangan. Di awal perjuangannya pun, Merry masih tetap harus hidup dengan berhemat. Setiap pengeluarannya ia atur dengan hati-hati. Sampai pada akhirnya, keuangannya membaik. Merry pun berhasil melunasi hutangnya dan mewujudkan impiannya.

Dalam mengelola keuangan, kita perlu menyusun anggaran belanja atau anggaran pengeluaran yang baik. Pertama, catatlah pengeluaran Anda selama sebulan ke depan secara detail setiap hari, untuk memberi gambaran pengeluaran riil bulanan anda. Kedua, buat anggaran pengeluaran yang masuk akal dan lebih kecil dari pemasukan Anda. Ketiga, pakai anggaran tersebut sebagai pedoman pengeluaran anda. Keempat, evaluasi anggaran Anda dan buat penyesuaian yang lebih tepat. Sekalipun awalnya agak merepotkan, tetapi lama-kelamaan akan semakin mudah dan cepat Anda bisa melakukannya. Kalau Anda konsisten mengerjakan hal ini, maka Tuhan akan memberikan hikmat untuk menata keuangan Anda dengan benar. Transformasi keuangan pun akan mulai terjadi dalam hidup Anda, bulan demi bulan. Tuhan akan membuat keuangan Anda semakin sehat, semakin segar, dan semakin berbuah dengan lebat. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Hanya orang yang mau MEMBUAT dan MENGHIDUPI perencanaan anggaran belanja yang baik yang akan mengalami KELIMPAHAN DEMI KELIMPAHAN

APLIKASI

  1. Bagaimana selama ini Anda membuat dan menghidupi perencanaan anggaran pengeluaran? Mengapa?
  2. Mengapa kita perlu membuat perencanaan anggaran belanja yang baik?
  3. Langkah apa saja yang dapat Anda buat untuk mulai membuat dan menghidupi perencanaan anggaran belanja Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami percaya ketika kami mulai menyusun anggaran pengeluaran sesuai kehendak-MU, maka kami mengalami kelimpahan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Tawarikh 28
2 Raja-raja 16-17