Merencanakan Bersama Roh Kudus

BACAAN HARI INI

Mazmur 139:1-24

RHEMA HARI INI

Mazmur 139:7-10 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? 8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau disana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau. 9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, 10 juga disana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.

Mengikuti pimpinan Roh Kudus, bukan berarti kita tidak boleh merencanakan sesuatu. Namun yang harus kita pelajari adalah bagaimana seharusnya kita membuat perencanaan dalam pekerjaan, dalam studi, dalam keluarga, pelayanan, dll. sehingga bisa seturut dengan rencana dan kehendak Roh Kudus dalam hidup kita.

Beberapa tahun yang lalu seorang laki-laki yang tinggal di Oakland, California, memenangkan undian berhadiah sebesar 140.000 dolar (kira-kira 1 milyar 500 juta rupiah). Dia memutuskan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang telah dibuat oleh para pemenang yang lain. Untuk mencegah usaha menghabiskan uang itu dengan sia-sia, dan melindungi dirinya dari para penipu, dia pergi kepada seorang notaris untuk mengatur keamanan uang yang diperolehnya. Kemudian notaris tersebut mengadakan perjanjian dengan sebuah bank untuk memelihara uang milik pemenang tadi. Bank tersebut menanam uang itu dan kemudian setiap bulan mengirimkan kepadanya sebuah cek. Melalui cara ini, dia memperoleh pendapatan yang teratur dan uangnya tetap aman. Laki-laki itu merasa sangat aman dengan rencana tersebut. Dia tidak mempunyai masalah lagi dengan uangnya atau terus-menerus mengkhawatirkannya. Dalam beberapa hari setelah dia menaruhkan uangnya di bank, dia terpeleset dan terjatuh pada saat berjalan. Akhibatnya, tengkorak kepalanya retak, dan meninggal dunia beberapa jam kemudian. Dia telah membuat rencana-rencana yang baik, namun dia tidak meminta petunjuk Roh Kudus dalam pembuatan rencana itu.

Inilah yang membedakan orang Kristen dan orang dunia dalam bekerja, dalam membangun keluarga, dalam studi, dalam berjuang mengejar visi: Orang dunia akan membuat rencana yang terbaik dengan pikirannya sendiri, kemudian dia akan mengerjakan perencanaan tersebut sesuai dengan pemikirannya, dan dia sukses atau gagal ditentukan oleh dirinya sendiri. Akan tetapi bagi kita anak-anak Tuhan, kita membuat rencana yang terbaik dengan pikiran kita dan bersama dengan Roh Kudus, kita melaksanakan rencana tersebut semaksimal mungkin dengan tetap terbuka terhadap sinyal Roh Kudus, dan karena itulah Tuhan menyertai dan memberi kemenangan yang gilang gemilang kepada kita.

RENUNGAN

Belajarlah untuk meminta PETUNJUK DAN TUNTUNAN Roh Kudus, sehingga perencanaan yang kita buat, bukan rencana pribadi kita sendiri, tapi rencana bersama Roh Kudus.

APLIKASI

Apa yang akan Anda lakukan untuk membuat perencanaan bersama Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, ajar kami untuk merencanakan segala sesuatu bersama Engkau. Kami percaya bahwa dalam tuntunan-MU, rencana yang kami buat akan membawa kami masuk dalam kemuliaan-MU. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

II Samuel 19-21