Merenungkan Firman Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 03 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Mazmur 119:97-112

RHEMA HARI INI

Mazmur 119:97-98 Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku, sebab selama-lamanya itu ada padaku.

Bong Chandra, pemuda kelahiran tahun 1987 ini dikenal sebagai “motivator termuda se-Asia.” Predikatnya itu didapatkannya karena selain berhasil menjadi seorang milyader di usia yang sangat muda, ia juga sering mengadakan seminar motivasi. Meski kini hidupnya identik dengan kesuksesan dan kekayaan, tetapi masa kecilnya jauh dari semua itu. Ketika ia berumur sebelas tahun, ekonomi keluarganya sempat terpuruk. Sejak saat itu ia berhemat dan membantu keuangan keluarga dengan berjualan apa saja. Di titik terendah dalam hidupnya, ada seorang teman yang tak jemu-jemunya mengajaknya ke gereja. Pengenalan dan pertumbuhannya dalam Tuhan pun mengubahkan hidupnya. Ia juga mengakui bahwa kesuksesannya tidak terlepas dari peran Tuhan. Filosofi-filosofi hidup dan bisnisnya dipetiknya dari perenungan Alkitab. Salah satu yang dipegangnya adalah “Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai” (Mzm. 126:5). Katanya, “ternyata apa yang kita tabur, walaupun itu susah, tenang saja, hanya waktu yang akan menentukan segala sesuatunya akan indah pada waktunya.” Itulah yang dipercayai dan selalu dilakukannya.

Apa yang Anda lakukan kalau Anda berada dalam masalah? Apakah Anda kecewa, marah, dan menyalahkan orang lain, situasi kondisi, bahkan Tuhan, atas apa yang terjadi? Ketika kita hanya bisa bereaksi negatif terhadap kesulitan hidup kita, kita hanya akan menjadi stress dan bingung sendiri. Salah-salah, kita malah terjatuh dalam permasalahan yang jauh lebih besar. Akhirnya, kita pun bertanya, mengapa Tuhan membiarkan kita. Padahal, Tuhan sudah menyediakan jalan keluar bagi setiap permasalahan kita dalam Alkitab. Tergantung apakah kita akan mengambil langkah seperti Bong Chandra yang merenungkan firman dan mencari hikmat Tuhan, atau tidak. Bukan hanya dibaca saja, tetapi harus direnungkan sepanjang hari. Percayalah, ketika kita menyandarkan pengertian kita dalam tuntunan Roh Kudus, maka kita pun akan memperoleh hikmat yang dari pada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Ketika kita MENYELIDIKI FIRMAN ALLAH dan MERENUNGKANNYA SEPANJANG HARI, maka kita akan MENDAPATKAN HIKMAT TUHAN

APLIKASI

  1. Apakah yang dimaksudkan dengan menyelidiki dan merenungkan firman?
  2. Mengapa kita perlu merenungkan firman Allah?
  3. Apa komitmen yang dapat Anda ambil untuk mulai meluangkan waktu demi menyelidikit firman Allah?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ajar kami untuk selalu merenungkan firman-Mu sepanjang hari, sehingga kami mendapatkan hikmat-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yesaya 49-53